Blog tentang Bisnis, Blogging, dan Kesehatan

Review artikel Artikel di dalam blog merupakan faktor utama dalam kesuksesan suatu blog. Dengan artikel yang mudah dibaca akan membuat...

Tips Artikel Mudah Dipahami Pengunjung

Artikel Mudah Dipahami Pengunjung
Review artikel

Artikel di dalam blog merupakan faktor utama dalam kesuksesan suatu blog. Dengan artikel yang mudah dibaca akan membuat pengunjng mudah memahami isi tulisan yang Kalian tulis.

Seunik apapun  tulisan yang kalian buat, tetapi jika tidak membuat tulian tersebut dengan struktur yang baik, maka tulisan kalian akan tetap sulit dipahami oleh pengunjung.

Berikut ini tips dari Herman Yudiono untuk menulis artikel yang mudah dipahami pengunjung:

Ungkapkan Sumber Postingan

Ungkapkan sumber inspirasi Kalian untuk menulis artikel yang ingin Kalian buat, apakah itu dari pengalaman Kalian sendiri dari hasil penelusuran di  internet, menerjemahkan dari artikel bahasa asing, ataupun kutipan dari artikel orang lain. Dengan mengungkapkan sumber postingan Kalian, pengunjung akan respek terhadap blog Kalian.

Buat Paragraf yang Tidak Terlalu Panjang

Pada umumnya paragraf yang pendek terdiri dari 3-5 kaliamat. Jika Kalian membuat paragraf lebih panjang dari 3-5 kalimat, biasanya pengunjung akan lebih lelah dan cepat bosan untuk membaca artikel Kalian.


Membuat Sub-Judul Postingan (Jika Diperlukan)

Sub-judul ini biasanya mengandung poin-poin penting yang ingin Kalian uraikan.

Menggunakan Bullet Point atau Nomer

 Jika Kalian ingin menguraikan contoh yang kurang dari 5 buah, bullat point ini cocok untuk digunakan. Contoh penggunaan bullet point:

Sisipkan Gambar yang Cocok dan Menarik

Coba sisipkan gambar tidak lebih dari 3 buah. Jika Kalian menginginkan menyisipkan gambar di artikel, Kalian bisa mengambil gambar yang tidak mengandung hak cipta yang sesuai dengan artikel Kalian, lebih bagus lagi Kalian bisa mengambil foto hasil jepretan sendiri.

Hindari Tata Bahasa yang Kurang Dimengerti

Hindari penggunaan kata yang kurang dimengerti oleh banyak orang, contohnya bahasa daerah, bahasa gaul, dan bahasa asing.

Usahakan Postingan Tidak Terlalu Panjang

Usahakan membuat artikel kurang dari 1000 kata, jika memang terpaksa usahakan artikel tersebut menjadi 2 bagian misalnya: Tips Artikel Mudah Dipahami Pengunjung BAGIAN 1 dan Tips Artikel Mudah Dipahami Pengunjung BAGIAN 2.

Tebalkan, Miringkan, atau Memberi Garis Bawah

Jika menurut Kalian di dalam postingan Kalian ada beberapa Kata yang penting, cobalah untuk menebalkannya. Hal ini akan mempermudah pembaca untuk mengidentifikasi kata-kata di postingan Kalian.

Membuat Link ke Artikel yang Terkait

Link yang terkait ini bisa Kalian cantumkan ke Artikel dengan tema yang sama atau pun bisa ke blog orang lain. Hal ini membantu pengunjung untuk mengetahui lebih jauh topik yang sedang Kalian ulas.

Review Kembali Artikel Kalian Sebelum Mempubikasikan (Publish)

Hal ini untuk mengidentifikasikan kesalahan-kesalahan seperti typo, alur bacaan yang tidak nyambung dan yang lainnya. Minimal mereview kembali artikel sebanyak 2-3 kali sebelum dipublikasikan.

2 comments: