Tips Sukses Untuk Usaha Telur Asin Bagi Pemula

Image by: indopress.id

Apakah Kalian pernah mengkonsumsi telur asin? Bahkan untuk para penggemar telus asin mereka sering memakan telur asin. Kandungan gizi pada terlur asin terbilang tinggi seingga banyak masyarakat yang senang mengngonsumsi telur asin. Karena telur asin banyak diminati oleh pecinta kuliner sebagai santapan pelengkap. Cara membuat telur asin dari dulu hingga sekarang terbilang sama yaitu menggunakan balutan batu  bata halus yang sudah dicampurkan dengan garam lalu diamkan beberapa hari.

Keunikan dalam proses pembuatan telur asin mengundang tanya, bagaimana membuat telur asin dengan rasa yang pas dan bagaimana cara memasarkannya.

Tips Sukses Usaha Telur Asin Bagi Pemula

1. Mengetahui dan Memilih Telur Berkualitas Bagus

image by: satujam.com

Biasanya jenis telur yang digunakan untuk membuat telur asin ialah telur bebek. Sebelum Kalian memprosesnya menjadi telur asin ada baiknya kita memilih terlebih dahulu mana telur yang berkualitas baik.

Tips meilih telur yang kualitasnya baik yaitu dengan memperhatikan ukuran telur, kondisi telur yang tidak bau, cangkang telur yang tidak retak, dan embrio didalam harus masih bagus.

Memang sedikit ribet, tetapi ada cara lain yang yang sangat simple untuk mengetahui telur yang berkualitas baik, yaitu dengan  menenggelamkan telur dalam wadah berisi air. Jika telur tersebut tengelam maka telur tersebut layak untuk dikonsumsi, jika sebalinknya telur mengambang/tidak tenggelam maka telur tersebut tidak layak untuk dikonsumsi.


2. Proses Pembuatan Telur Asin

image by: pelajaricaranya.blogspot.com

Bukan cuma telur bebek yang bisa dibuat telur asin tapi telur ayam juga bisa. Cara membuat telur asin sangat penting dalam usaha telur asin, Kalian bisa memulainya dengan mencampurkan bahan-bahan pembuatnnya seperti abu gosok dan serbuk batu bata dengan perbandingan 1:1.

 Setelah sudah Kalian campur, langkah berikutnya yaitu menambahkan garam secukupnya ke dalam adonan lalu aduk secara merata. Selanjutnya yaitu membalurkan adonan sampai merata ke telur yang sudah dicuci bersih, kira kira tebal balutan adonan ke telur sekitar 2 mm dan simpan dalam wadah selama 1 minggu atau 10 hari. Dalam proses pembaluran tersebut rasa asin dari garam tersebut akan terserap ke dalam telur.

Setelah 10 hari kita besihkan dari adonan dengan menggunakan air mengalir dan spons kasar, kemudian rebus hingga matang.

3. Menambahkan Rasa Baru

image by: tokomesin.com

Selama ini Kalian hanya tahu rasa telur asih hanya itu-itu saja, telur asin sebenarnya bisa dimengkombinasikan dengan rasa lain seperti jahe, bawang putih/merah, rasa makanan laut. Sebenarnya untuk rasa telur asin sendiri dalam pemberian rasa tidak jauh berbeda saat membuatnya, hanya dengan menambah perasa pada campuran batu bata halus.

4. Cara Memasak

image by: wikihow.com

Kebanyakan pengusaha telur asin memasak telur dengan cara merebusnya, tapi Kalian bisa dengan cara lain yaitu dengan dipanggang ataupun di asapi, Cara memasak telur asin yang berbeda akan memberi cita rasa yang berbeda pula.

5. Proses Pengemasan

image by: omiyago.com

Yang selanjutnya adalah Proses Pengemasan, dimana dalam mengemas telur asin gunakan lah kemasan yang menarik perhatian konsumen. Menambahkan beberapa keunikan/pembeda seperti melabeli kemasan dengan merek unik bisa jadi salah satu cara menarik konsumen telur asin. Kebanyakan pengusaha telur asin, mengemas telurnya hanya dengan kertas karton yang terbuka. Jangan sesekali mengemas telur asin dengan menggunakan plastik yang kedap udara diakarenakan telur asin akan lebih cepat basi.

6. Pemasaran Produk


Produk telur asin sangat benyak dipasaran diberbagai daerah, bahkan di beberapa tempat memiliki pusat pembuatan telur asin jadi banyak saingannya. Dalam memasarkan telur asin kita bisa menggunakan media online dan reseller. Media online tentu bisa menjadi salah satu tips  sukses untuk menawarkan telur ke konsumen, jangan lupa jelaskan keunggulan dari produk telur asin kalian dan beri tahu cara membelinya. Jika sudah berjalan dengan lancar maka bisnis telur asin bisa dapet memenuhi kebutuhan perekonomian keluarga. Jika kalian tidak ingin menjual dengan bantuan media sosial kalian bisa menitipkan telur asin ke toko sembako terdekat.

Usaha telur asin ini memang gampang-gampang susah dijalankan, tetapi dengan modal yang tidak terlalu besar bisnis ini bisa menjadi salah satu pilihan baki Kalian.

Bisnis pengusaha telur asin masih menjadi pilihan banyak pengusaha pemula. Keuntungan yang besar dengan proses pembuatan yang sederhan menjadi alasan pengusaa muda memilih bisnis ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »