Tips Untuk Menulis Artikel Yang Baik Dan Benar

image by: ismaweb.net

Menurut saya inti dari kegiatan blogging adalah membuat konten atau artikel singkat yang menarik dan bisa dibaca oleh orang lain, sederhana bukan? Tapi kadang ini bisa jadi tidak sederhana. Sebagian orang menghabiskan waktunya untuk memikirkan konsep yang membuat dirinya sendiri menjadi pusing seolah-olah menulis artikel blog itu seperti merakit sebuah roket canggih – ya mungkin aja sih kalo blog nya memang topiknya tentang cara merakit roket hehehe.

Kalau untuk blog pribadi seharusnya tidak sulit untuk menulis sebuah artikel karena memang tidak ada aturan khusus dalam membuat blog pribadi. Berbeda dengan blog review produk misalnya blog yang membahas tentang gadget atau blog yang isinya tentang kuliner, dan lain-lain. Gaya bahasa yang digunakan pada blog pribadi dan blog tentang teknologi tentunya pasti berbeda. Blog pribadi biasanya lebih bebas dan menggunakan bahasa sehari-hari yang tidak baku juga tidak masalah, tentu saja gaya bahasa seperti ini tidak pas kalau dilakukan pada blog yang isinya tentang teknologi karena bisa memberikan kesan artikelnya tidak serius.

Sebelum kita membahas tips cara menulis artikel yang baik, ada baiknya kita sedikit membahas tentang gaya penulisan sebuah artikel. Ada 2 gaya bahasa yang sering digunakan ketika menulis, yaitu gaya jurnalistik dan gaya ringkasan. Gaya jurnalistik langsung memberikan informasi utama pada bagian awal artikel dan informasi pendukung akan menyusul di bagian tengah atau akhir artikelnya. Sedangkan gaya ringkasan mirip dengan gaya berita ringkas yang ditujukan pada pembaca yang mengharapkan informasi terperinci, dan pembaca dapat memutuskan apakah dia akan membaca rincian yang diberikan atau cukup hanya membaca ringkasan artikelnya saja.
Berikut ini adalah tips cara menulis artikel yang baik menurut versi Blue Shark

1. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh semua orang

Entah berapa kali saya menemukan artikel blog yang isinya membuat saya pusing dan menga-nga karena artikelnya berbelit-belit dan terlalu panjang, pasti saya tidak mau balik lagi ke blog itu… soalnya saya jadi susah tidur setelah baca artikelnya yang ribet :P
Usahakan agar setiap artikel yang kita tulis dalam blog dapat dibaca dan mudah dimengerti oleh orang lain dan tentunya dengan gaya bahasa yang sederhana. Karena itu diperlukan latihan yang berulang-ulang dalam membuat artikel yang baik dan akhirnya itu akan mengasah kemampuan menulis kita menjadi lebih baik.

2. Banyak membaca buku atau referensi lain

Seorang penulis tidak mungkin bisa menghasilkan tulisan yang bagus kalau dia jarang atau tidak pernah membaca tulisan orang lain, itu pasti. Sebagai contoh, misalnya seorang pemilik blog yang menulis tentang internet marketing di dalam blognya, tentu saja dia akan membutuhkan referensi yang baik untuk membuat artikel bermutu.
Selain mendapat informasi, inspirasi, dan pengetahuan baru, membaca buku juga dapat membantu otak kita untuk berpikir secara logis dan sistematis. Jika kita sering membaca buku atau tulisan-tulisan yang bermutu maka lambat laun kita juga akan dapat menulis artikel atau buku yang enak dibaca.

3. Memiliki gaya bahasa yang unik

Ini salah satu hal yang penting dalam menulis tapi kita tidak perlu terlalu terpaku pada hal ini karena dapat menghambat kreatifitas itu sendiri. Mulailah berlatih menulis dengan cara anda sendiri, tidak usah malu atau minder karena gaya tulisan kita berbeda dengan seorang penulis terkenal.
Apapun gaya atau cara kita membuat sebuah tulisan yang terpenting di sini adalah bagaimana agar tulisan atau artikel tersebut memberikan informasi, relevan, dan mudah dicerna oleh pembaca. Kita bisa membuat sebuah artikel yang sederhana untuk sebuah informasi yang memang sederhana, dan kita juga bisa membuat sebuah artikel dengan judul yang mengandung provokatif yang bisa menghentak pembaca anda.

Tiga tips cara menulis artikel yang baik di atas mungkin terlihat sepele, tapi tips ini dapat membuat kita terbiasa dalam membuat artikel yang baik untuk blog kita. Anda punya tips lainnya? Silahkan di share melalui komentar.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »