Hebat Kaya di Film-Film, Material Ini Buatmu Bernapas di Dalam Air

 Di antara sejumlah komponen, tabung oksigen merupakan satu perkakas krusial saat menyelam. Namun demikian, bagaimana bila sekarang kamu tak lagi membutuhkannya? Sebagaimana dilaporkan Discover News, ilmuwan menciptakan material yang memungkinkanmu menyisihkan tabung oksigen selagi berada di bawah air.
Adalah aquaman crystal, material yang dikatakan membuatmu bisa bernapas di dalam air. Sebagaimana dimuat mashable.com, material tersebut nantinya bisa mengumpulkan oksigen hanya dari air di sekitar penyelam dan melepaskannya saat dibutuhkan.
Menpar Arief Yahya akan menyapa Divers dunia dalam perhelatan The Diving Equipment and Marketing Association (DEMA) Show di Las Vegas, USA.
Selain itu, inovasi ini pun memungkinkan pengidap kelainan paru-paru tetap bisa menyelam, lantaran tak perlu membawa tabung oksigen yang begitu berat. "Penemuan ini memungkinkan semua untuk menyisihkan tabung oksigen, lalu menggantinya dengan penyaring yang lebih praktis," ucap Profesor Christine McKenzie dari Universitas Southern Denmark, seperti dimuat mashable.com.
Material yang telah ditemukan sejak tiga tahun silam ini, seperti diwartakan independent.co.uk,mengandung cobalt yang mengikat molekul organik. Karenanya, ia bisa menyerap oksigen dari sekitarnya.
Tips diving ala Marischka Prudence. (marischkaprue/Instagram)

Material yang cara kerjanya dikatakan mirip spons ini bisa menyerap dan melepas oksigen berkali-kali. Hingga kini penelitian soal apakah aquaman crystal bisa menyerap oksigen dari cahata masih dilakukan. "Material ini bisa menghadirkan oksigen tiga kali lebih banyak dari tabung oksigenyang sudah ada sekarang," 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »