Cara Mendapat Penghasilan Dari Blog

Jika ternyata Kalian memang bisa mendapatkan uang dari blog, kenapa tidak? Semua orang pasti ingin mendapatkan uang sembari mengerjakan kegiatan-kegiatan lain. Meskipun duian blogging mempunyai banyak saingan, internet tetap mempunyai tempat untuk para pendatang baru yang akan sukses. Mulailah dari mencari platfrom blogging yang tepat kemudian mulai membuat konten dan memperjualkan produk Kalian sendiri, lalu mulai mendapatkan uang. Sesudah beberapa lama, hidup Kalian akan lebih produktif daripada bekerja di kantor sebagai karyawan biasa.

Cara Mendapat Penghasilan Dari Blog
Cara Mendapat Penghasilan Dari Blog

1. Membuat Blog

Lakukan Riset - Carilah platfrom blog yang profesional, aman, dan tentunya terpercaya. Pertimbangkan platfrom mana yang sekiranya menguntungkan dan bisa mewujudkan rencana blog Kalian? Caru template yang menarik perhatian tetapi tidak norak? Topik apa yang harus kalian pilih untuk konten blog Kalian.
  • Para blogger yang sudah meraup uang dari blognya akan mengatakan bahwa Kalian tidak harus  menjadikan uang sebagai prioritas membuat blog, karena akan terkesan sama dengan memulai kebiasaan berjudi yang berharap suatu hari nanti akan bisa menang besar. Jadi carilah platfrom yang bisa membuat kalian bebas untuk melakukan apa yang Kalian sukai, kenali lingkungan blogging dan cari tahu siapa sajakah yang akan menjadi saingan Kalian.

 Rencanakan Blog Kalian - Sekarang Kalian sudah brminat membangun blog, dan dalam waktu yang singkat akan memulai membikin konten secara teratur/rutin. Tetapi sebelum mulai, sebaiknya Kalian mempunyai rencana ide dan konten yang akan kalian masukkan kedalam blog.
  • Semestinya. Kalian bisa menyuguhkan kebutuhan yang belum terpenuhi oleh pembaca. Dunia internet itu tidaklah kecl dan kebanyakan orang ragu membeli sesuatu yang bisa mereka dapatkan dengan cuma-cuma. Yang mereka ingin kan dari sebuah blog yaitu yang bisa membuat mereka mengetahui hal baru, tertawa, dan terinspirasi. Satu-satunya cara untuk Kalian yang ingin mendapatkan banyak pengunjung/meningkatkan traffic yaitu dengan memberikan sesuatu kepada mereka yang belum pernah mereka dapatkan dari blog lain. Jadi, carilah apa yang spesial dari Kalian? 

 Merekrut Seorang Desainer atau Membuat Desain Blog Sendiri - Agar mendapatkan/menghasilkan uang, Kalian sebaiknya menginvestasikan sesuatu terlebih dahulu, baik ituwaktu,tenaga, dan ataupun uang. Namun jika Kalian hitung dengan benar, investasi ini tidak seberapa dengan hasil yang akan Kalian dapatkan nanti. Kalau kalian bisa membuat desain blog, buatlah desain blog yang menarik perhatian pembaca. Karena kalau blog Kalian tidak terlihat menarik/tidak terlihat bagus, pengunjung tidak akan tertarik membaca konten yang Kalian buat. Kalau Kalian tidak bisa mendesain blog yang menarik perhatian, carilah orang yang menurut kalian ahli dalam mendesain blog.
  • Sekali lagi, lakukanlah riset, caritahu tentang desain dan aspek-aspek apa saja yang bekerja dengan baik? Settingan seperti apa yang membuat pengunjjung betah? dan warna apa saja yang cocok dengan topik dan konten blog Kalian.

 Realitas dan Bersabar - Kalau tidak salah di tahun 2013, Tumblr mempunyai 101 juta blog. Jadi, tempat yang kalian masuki ini bukanlah tempat yang mempunyai sedikit saingan. Sedangkan blog yang mampu menghasilkan uang dari blog sangatlah sedikit di antara ratusan juta blog. Kalau Kalian ingin membangun blog untuk menghasilkan uang, jangan menyerah dan tetaplah logis dalam merencanakan dan mengelola blog.
  • Jika pada akhirnya Kalian mendapatkan penghasilan dari blog, itu pasti tidak terjadi dalam sekejap. Kalian harus membangun reputasi blog dan diri Kalian sendiri sebelum kalian melangkah untuk memulai menghasilkan uang.

Buatlah Konten Yang Berguna, Bagus, dan Pastinya Bisa Dibaca - Sebagus-bagusnya ide konten yang Kalian buat, Jika Kalian  membuatnya dengan gaya yang rusak,hancur ataupun buruk apa lagi kalau ditambah sulit untuk dibaca, pasti tidak akan ada yang ingin mengunjungi blog kalian yang kedua kalinya. Buatlah konten Kalian dengan sebaik-baiknya. Di bawah ini ada beberapa hal yang harus Kalian perhatkan:
  • Kalian harus mempunyai kemampuan menulis yang bagus. Jika Kalian belum ahli dalam menggunakan tata bahasa yang bagus, sebaiknya belajarlah untuk menjadi baik dalam menggunakan tata bahasa.
  • Pertimbangkan panjang konten blog Kalian, Kalian menginginkan konten yang bagus dan menyeluruh, namun Kalian juga tidak bisa membuat orang melithat/membaca terlalu lama dam malah membuat mereka menjadi bosan. Sebaiknya pecahkanlah menjadi beberapa konten terpsah misalnya "Cara Cepat  Mendapatkan Penghasilan dari Blog bagian 1" - "Cara Cepat  Mendapatkan Penghasilan dari Blog bagian 2" - dan seterusnya (Tetapi saya tidak pernah memecah konten karena konten saya tidak begitu panjang).
  • Pakailah gambar, selain keahlian menulis Kalian juga mungkin perlu mempunyai keahlian dalam fotografi,  karena kebanyakan orang suka dengan gambar,tentunya dengan gambar yang bagus.
  • Bahaslah topik yang memang menarik perhatian banyak orang. Bahaslah sesuatu agar pengunjung mau membacanya.

Bekerjalah Seperti Biasa -Tetaplah bekerja pekerjakaan kalian sekarang, dan luangkanlah waktu Kalian untuk mengelola blog Kalian pada malam hari. Pada awalnya kalian akan merasa sangat sibuk tetapi jika kalan mengerjakannya dengan santai lambat laut akan terbiasa. Ingat jika ingin sukses Kalian harus rajin, giat dan bertanggung jawab dalam bekerja.

2.Meningkatkan Konten

Buatlah Blog Dengan Satu atau Dua Topik Saja - Jika kalian mengiginkan pengunjung yang setia Kalian harus membahas sesuatu konten yang spesifik secara konsisten supaya bisa di cari dengan mudah. Kalian harus memiliki sesuatu yang akan dibahas di blog Kalian.
  •  Pengiklan tidak akan memasang produk mereka ke blog Kalian jika Kalian tidak mempunyai tema atau topik tertentu.

Membangun Kredibilitas dan Niche -  Buatlah konten konten yang berkualitas dan juga unik yang mempunyai saingan sedikit. Untuk membangun Kredibilitas ada beberapa cara yaitu:
  • Waktu. Kalau Kalian konsisten, seiring berjalannya waktu reputasi blog Kalian akan berkembang.
  • Jangan copas konten milik orang. Kalau kalian memang terinspirasi dengan konten seseorang lebih baik Kalian ijin terlibih dahulu dan mencantumkan sumber konten tersebut.
  • Meriset. 

 Menaruh URL Kalian di Beberapa Tempat - Mulailah menaruh link URL blog Kalian ke komunitas Kalian dan di berbagai sosmed ataupun website. Carilah banyak teman blogger, dan masuk ke beberapa forum atau komunitas blogger. Ketika teman kalian ada yang memberikan link blog ke Kalian, berikan juga link Kalian kepadanya.
  • Contoh, seseorang membuat artikel tentang bagaimana membuat nasi goreng, ternyata Kalian juga membuat artikel yang sama tetapi dengan cara yang berbeda dan bumbu yang bervariasi. Cobalah Kalian memberi komentar mengenai artikel yang Kalian baca dan katakan Kalian juga mempunyai artikel yang sama tetapi dengan cara dan bumbu yang berbeda, kemudian mintalah pendapatnya dan jangan ketinggalan untuk menaruh link artikel yang di maksud.

Bekerja Keras -  Blog yang mempunyai penghasilan ialah blog yang dibangun oleh orang yang bekerja keras dengan mengelolanya 30-40 jam per minggu. Kalian mungkin pernah berpkir bahwa menjadi seorang blogger itu hanya duduk manis dirumah, menunggu inspirasi yang lewat di pikiran Kalian, dan hanya bersantai-santai. Seorang belogger itu adalah seseorang yang harus mencari dan mengambil gambar,memprosesnya, menulis catatan, mencari referensi, mengedit artikel, mengurus email, dan juga mencari inspirasi. Mengelola blog sama seperti pekerjaan yang lain, hanya saja dengan lingkungan yang santai.


Mengikuti Kursus - Kalian mungkin merasa itu tidak perlu. Tetapi kalau Kalian memang ingn serius dan mendapat penghasilan dari blog ada baiknya Kalian belajar semua hal yang perlu Kalian ketahui, dan salah satunya dengan cara mengikuti kursus berbayar maupun yang gratis.

 Membuat Media Kit - Kalian perlu membuat media kit untuk memberitahu seluk beluk blog kalian kepada pengiklan. Intinya, Kalian harus menjelas kan apa,mengapa,dan bagaimana jika pengiklan bekerjasama dengan blog Kalian. Berikut hal yang harus Kalian canumkan:
  • Nama, alamat, dan tagline blog.
  • Penjelasan singkat mengenai blog dan Kalian.
  • Jumlah pengunjung, penggemar dan semacamnya
  • Presasi yang pernah blog kalian dapatkan.
  • Info kontak
  • Opsi iklan.

 Mempromosikan Blog - Promosikan blog Kalian supaya penunjung blog kalian meningkat dengan pesat. Dan tentu saja semakin banyak pengunjung, semakin mudah Kalian menjual iklan. Berikut beberapa ide untuk mempromosikan blog:
  • Tweet dan post di beberapa sosial media mengenai arikel blog Kalian.
  • Gunakan StumbleUpon. Layanan ini memiliki puluhan juta pengguna dan mereka semua mencari konten yang menarik dan spesifik.
  • Buatlah RSS feed dengan RSS feed. setiap kali Kalian membua artikel baru, maka pembaca setia kalian akan mendapat noifikasi.
  • Sebar di website lain. Kalau kalian sudah menggunakan media sosial dan forum-forum, promosikan juga blog Kalian di sana.

3. Menghasilkan Uang

Tingkatkan SEO Blog - Sebagus apapun konten yang Kalian buat, didak ada gunanya jika konten tersebut tidak bisa di temukan di mesin pencari. Kalian harus membuat blog kalian mudah di temukan di pesin pencarian. Caranya sangat mudah yaitu dengan membuat Google senang dengan blog kalian.
  • Memperbaiki SEO blog, atau Search Engine Optimizer (optimalisasi mesin pencari). Jika SEO kalian sudah baik, ketka seseorang mencari kata kunci tertentu blog kalian akan muncul di halaman pertama, Contoh jika kalian mencari kata kunci " Sang Pencari Bitcoin " kalian akan menemukan blog Blue Shark dengan judul " Game Android Flappy Sang Pencari Bitcoin ". Tetapi jika SEO blog kalian kurang baik maka blog kalian tidak di temukan di halaman pertama.
  • Menggunakan kata kunci yang tepat dan sering di cari orang, semakin banyak Kalian menggunakan kata populer semakin mudah pula blog Kalian ditemukan. Gunakanlah kata-kata tersebut dengan wajar dan seperlunya, jangan malah asal memasukan seenaknya saja.

Terlibat dalam Komunitas - Jika Kalian ingin berteman dengan para blogger lainnya dan juga menjaga reputasi blog Klian, sebaiknya kalian masuk ke sebuat Komunitas. Aktif dan berinteraksilah dengan yang lain, usahakan kalian membantu anggota ain yang membutuhkan, jadilah seorang penulis yang nyata selayaknya manusia biasa.
  • Jika kalian melakukan suatu hal yang signifikan pada orang lain, mungkin Mereka akan mengutip blog Kalian, menyebut nama Kalian dan memasukan link blog Kalian ke blog mereka.

 Tahu Apa Yang Harus Dan Bisa Bijual - Jika memang Kalian tidak tahu bagaimana cara menentukan nilai blog kalian, carilah blog yang menyerupai blog Kalian, hubungi pemilik atau penulisnya dan mintalah pendapat tentang blog Kaian.
  • Cara lain untuk hal ini adalah mengunjungi BlogAds.com. Website ini memilki daftar blog yang disortir berdasarkan kategori dan popularitas, jadi Kalian bisa mencari blog referensi di website ini.

Pasang Iklan - Kalian akan memikirkan jenis iklan apa yang akan Kalian pasang di blog, contoh iklan banner, link, popup, tuliasan, atau yang lainnya. ada dua opsi yang bisa kalian pilih:
  • Memasang Iklan. Tempat terbak untuk memasang iklan: Google Adsense (yang paling besar), Kontera, AdBrite, Adgenta, Text Link Ads, dan Tribal Fusion.
  • Proggrap Afiliasi. Contohnya adalah Amazon Associates, LinkShare, eBay Associates, Commission Junction, dan AllPosters.

 Mencari Sponsor - Jika blog kalian sudah cukup besar dan populer, banyak yang menginginkan memasang iklan mereka ke blog Kalian. Sponsor bisa menjadi salah satu sumber pendapatan blog Kalian.
  • Media kit sangat berguna untuk hal ini. Jika Kalian menemukan Perusahaan yang cocok untuk menjadi mitra blog Kalian. Kalian hanya perlu menyakinkan mereka bahwa mereka akan mendapatkan keuntungan besar jika bermitra dengan blog Kalian.

Buat Review Produk - Ada banyak bisnis yang mau membayar Kalian hanya untuk membahas atau mereview situs atau produk mereka.Pilih situs yang cocok dengan toik blog Kalian. Beberapa situs yang bisa membayar Kalian dengan mereview: PayPerPost, PayU2Blog, SocialSpark, ReviewMe, dan Sverve.


Buat Fitur dan Konten yang Eksklusif  - Salah satu cara menghasilkan uang tanpa menjual slot iklan adalah memuat konten atau fitur blog yang eksklusif. Ini berarti sebagian besar konten blog Kalian bisa diakses siapa saja, tapi ada beberapa yang baru bisa diakses jika mereka membayar, biasanya dengan menjadi anggota. Mereka yang membeli akan merasa spesial, dan Kalian menerima uang. Pastikan Kalian memiliki penawaran yang setimpal dengan uang yang mereka bayar.


Menjual Produk Sendiri - Buatlah produk yang memang menjadi ciri khas blog Kalian. Misalkan jika blog kalian mempunyai topik masakan kalan bisa membuat buku resep baik dalam bentuk ebook maupun cetak.
  • Banyak blogger yang akhirnya menjadi seorang penulis buku yang berbakat. Jika kalian merasa masih melakukan hal yang lebih daripada membuat blog, sebaiknya mulailah menulis buku. Mungkin Kalian bisa menempuh jalan yang sama seperti Raditya Dika.

TerimaKasih sudah membaca artikel tentang Cara Mendapat Penghasilan Dari Blog


Referensi
  1. http://snitchim.com/how-many-blogs-are-there/
  2. http://www.beautythroughimperfection.com/2013/08/07/bloggers-make-money/
  3. http://dooce.com/about/
  4. http://amylynnandrews.com/media-kit/
  5. http://www.momcentral.com/articles/Your%20Business/Your%20Influence/Monetize/how-much-should-you-charge-advertising
  6. http://www.dummies.com/how-to/content/how-to-make-money-from-your-blog.html
  7. http://www.hongkiat.com/blog/sites-that-pays-you-to-blog/




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

5 komentar

Write komentar
26 July 2016 at 20:45 delete

betul tuh gan, tp ane masih newbie jadi mash perlu baca ini lebih lanjut, makasih infonya gan

Reply
avatar
26 July 2016 at 21:18 delete

Tapi saya masih suka gagal kalau mau daftar adsense --"

Reply
avatar
26 July 2016 at 22:09 delete

coba cara di sini ka http://www.shark20.ga/2016/07/cara-cepat-diterima-oleh-adsense.html

Reply
avatar
26 July 2016 at 22:10 delete

oke makasih atas kunjungannya

Reply
avatar
26 August 2016 at 09:18 delete

Intinya sabar dan berusaha agar blog bisa menghasilkan...
karena paling tidak butuh 6 bulan untuk rame asalkan rutin update artikel setiap hari....
hehehe

Reply
avatar