Coklat Bantu Kita Untuk Tidur Nyenyak

Coklat Bantu Kita Untuk Tidur Nyenyak

Shark20.ga, Jakarta Anda pecinta cokelat? Mungkin ini kabar baik bagi Anda karena menurut penelitian terbaru, cokelat bisa membantu tidur lebih nyenyak.

Seperti diberitakan the Sun, Kamis (14/4/2016), peneliti menemukan manfaat cokelat hitam (dark chocolate) yang kaya magnesium -mineral penting dalam metabolisme tubuh. Inilah yang awalnya menjadi bahan penelitian para ilmuwan.

Sebenarnya, bukan hanya cokelat yang menyediakan magnesium, bahan makanan lain termasuk sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, avokad, yoghurt, pisang dan buah kering juga menyediakan nutrisi yang sama. Namun tak banyak orang yang menyadari kalau cokelat memiliki fungsi yang sama dalam mendukung sistem kekebalan tubuh, mencegah risiko kanker dan penyakit jantung.

"Magnesium terkait dengan jam tubuh kita yang memengaruhi siklus harian atau ritme sirkadian dari mulai tidur dan bangun, pelepasan hormon, suhu tubuh dan fungsi tubuh penting lainnya," kata peneliti. Inilah kenapa mengonsumsi cokelat hitam akan membuat tidur Anda lebih teratur dengan jam tidur yang cukup.

Menurut Dr Gerben van Ooijen dari Universitas Edinburgh, jam internal tubuh sangat penting bagi makhluk hidup karena memengaruhi seluruh jaringan metabolisme tubuh.
"Jam internal tubuh memengaruhi banyak aspek kesehatan dan penyakit dalam tubuh manusia, tanaman dan mikro-organisme," katanya.

Penulis studi, Dr John O'Neill dari Cambridge University menambahkan, meskipun relevansi klinis dari magnesium dalam berbagai jaringan mulai mendapat perhatian namun penemuan baru ini dapat menjadi bukti cakupan magnesium bagi kesehatan manusia. Tak hanya manusia, tumbuhan yang kaya akan magnesium juga akan tumbuh lebih produktif, dan mempengaruhi hasil panen.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »