Ratusan Pramuka Ikuti Ajang Lokanira

Ratusan Pramuka Ikuti Ajang Lokanira


Rimanews - Sebanyak 368 anggota pramuka di Kota Palangka Raya mengikuti Lomba Kreativitas Seni dan Patriotisme (Lokanira) XIV pada 11-13 Maret tahun 2016.

"Jumlah peserta kegiatan ini berjumlah 368 orang dengan komposisi 23 regu dan 23 sangga, dengan total 21 Gugus Depan (Gudep) gerakan pramuka se-kota Palangka Raya," kata ketua panitia Lokanira, Rizka Fitriani, di SMAN 2 Palangka Raya, Jumat (11/03/2016).

Adapun jenis perlombaan kegiatan ini di antaranya seperti penjelajahan, pengembaraan, pemanfaatan teknologi cepat guna dan lomba cerdas tangkas.

Acara yang berlangsung selama tiga hari itu diawali dengan upacara yang dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio.

Dalam kesempatan itu, Mofit yang juga bertindak sebagai pembina upacara mengatakan bahwa kegiatan Lokanira ini merupakan salah satu cara mempersiapkan kader bangsa yang memiliki kepribadian dan kepemimpinan berjiwa Pancasila.

"Yakni manusia yang disiplin, sehat mental, moral fisiknya, berjiwa patriot, mampu berkarya dengan semangat kemandirian, peduli dan berkomitmen pramuka," katanya.

Dikatakannya, lomba kreativitas seni dan patriotisme itu merupakan kegiatan perlombaan perkemahan sebagai sarana pembinaan bagi Pramuka Penggalang, Penagak dan Pandega.

"Lokanira yang merupakan kegiatan rutin tahunan ini harus mampu meningkatkan, membina dan mengembangkan jiwa sportivitas bersaing anggota pramuka dalam kehidupan sehari-hari," pungkasnya.




Sumber
rimanews.com/pendidikan/read/20160312/267148/Ratusan-Pramuka-Ikuti-Ajang-Lokanira

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »