Pramuka Harus Melek Teknologi Informasi

Pramuka Harus Melek Teknologi Informasi

SEMARANG, shark20.ga - Kwartir Daerah (Kwarda) 11 Gerakan Pramuka Jateng akan memasukkan kegiatan teknologi informasi (TI) bagi anggota Pramuka penggalang, penegak, dan pandega. Selain keperluan mengakses informasi, anggota Pramuka harus melek TI agar bisa juga menyiarkan segala bentuk kegiatannya lewat jaringan internet. Guna meningkatkan kemampuan anggota Pramuka terhadap TI, Kwarda kini telah menjalin kerja sama pemanfaatan jaringan dan fasilitas internet dengan Udinus Semarang dan PT Telkom. Penandatanganan nota kesepahaman itu dilakukan di kantor Kwarda Jateng, Jl Pahlawan, Semarang, Sabtu (12/3).

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jateng Budi Prayitno mengatakan, kedua institusi itu berkomitmen untuk memberikan penguatan kemampuan adik-adik Pramuka dalam menggunakan jejaring internet berikut kemampuannya. “Bentuk tindak lanjut yang kami lakukan ialah (Kwarda, red) akan menyelenggarakan kursus teknologi informasi sehingga bisa dimasukkan kegiatan penggalang, penegak, dan pandega,” kata Budi, Minggu (13/3).

Setelah berlatih, Kwarda juga berencana menggelar lomba guna mengetahui sejauh mana mereka bisa menyerap dan mengaplikasikan kemampuan internet yang diperolehnya. Pramuka memang harus lebih memahami teknologi informasi karena banyak manfaatnya. Misalnya di bidang kehumasan, mereka juga bisa membuat laman atau website maupun membangun media sosial sendiri. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mengunggah kegiatan, berita, atau laporan anggota Pramuka.

“Banyak kegiatan Pramuka seperti halnya Baden Powell Day lalu, kami menggelar bersih-bersih sampah plastik, donor darah, dan lomba instagram. Ini juga bisa diinformasikan lewat jejaring tersebut,” jelasnya.



Sumber
http://berita.suaramerdeka.com/pramuka-harus-melek-teknologi-informasi/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »