Cara Menginstal Java di Ubuntu

Banyak program dan situs web menggunakan Java. Namun, Java tidak terpasang secara otomatis di komputer yang menggunakan sistem operasi Ubuntu. Cara yang paling cepat untuk menginstal Java adalah dengan Terminal. Anda dapat menginstal Java dan plugin peramban hanya dalam beberapa menit.

Langkah

  1. Cara Menginstal Java di Ubuntu

    Bukalah Terminal. Anda dapat menemukan Terminal di dashboard (dasbor), atau di berkas Accessories (aksesori). Anda juga dapat menekan tombol ^ Ctrl+ Alt+T.
    Iklan
  2. Gambar berjudul Install Java on Ubuntu Step 2

    Perbarui sumber. Perbarui pengelola paket (package manager) untuk mendapatkan versi terbarunya.
    • Tik sudo apt-get update dan tekan Enter.
  3. Gambar berjudul Install Java on Ubuntu Step 3

    Periksa apakah Java sudah terpasang atau belum. Anda dapat memeriksa apakah di komputer Anda sudah terpasang Java versi terdahulu atau belum.
    • Tik java -version dan tekan Enter. Anda harus menginstal versi terbaru jika masih menggunakan Java 6 atau versi sebelumnya.
  4. Gambar berjudul Install Java on Ubuntu Step 4

    Instal Java Runtime Environment (JRE). Perangkat lunak ini diperlukan untuk menjalankan aplikasi Java. OpenJDK adalah salah satu JRE yang paling banyak digunakan.[1]
    • Tik sudo apt-get install openjdk-7-jre dan tekan Enter. Perintah ini akan menginstal OpenJDK 7, yaitu versi terbarunya.
    • Jika Anda memerlukan OpenJDK 6, tik saja sudo apt-get install openjdk-6-jre. Anda lebih baik menggunakan OpenJDK 7 daripada OpenJDK 6 kecuali jika memang diperlukan.
  5. Gambar berjudul Install Java on Ubuntu Step 5

    Instal plugin Java "IcedTea". Anda memerlukan plugin ini untuk menjalankan Java di halaman web. Plugin ini dapat dipakai di Firefox, Chromium Chrome, Konqueror, dan Epiphany.[2]
    • Tik sudo apt-get install icedtea-7-plugin dan tekan Enter. Jika peramban sedang digunakan, Anda harus menutupnya terlebih dahulu, lalu membukanya kembali.
    • Jika yang Anda instal adalah OpenJDK 6 JRE, tik sudo apt-get install icedtea-6-plugin.
  6. Gambar berjudul Install Java on Ubuntu Step 6

    Pilih versi Java yang ingin digunakan. Jika di komputer terdapat lebih dari satu versi Java, Anda dapat memilih versi yang ingin digunakan.
    • Tik sudo update-alternatives --config java dan tekan Enter. Perintah ini akan menampilkan daftar versi Java yang telah terpasang. Gunakan tombol angka untuk memilih versi yang diinginkan. Tekan Enter untuk menggunakan versi yang dipilih.
  7. Gambar berjudul Install Java on Ubuntu Step 7

    Pasang Oracle Java 8 (opsional). Jika mau, Anda dapat menginstal Java versi terbaru dari Oracle. Namun, mayoritas pengguna Linux tidak perlu melakukan ini karena OpenJDK 7 akan menjalankan semua fungsi umum Java. Oracle Java sudah tidak lagi dimasukkan ke dalam pangkalan data Ubuntu karena masalah lisensi, jadi Anda harus menginstalnya dari sumber lain. OpenJDK versi Java 8 masih belum tersedia kecuali jika Anda membuatnya sendiri.[3]
    • Tik sudo add-apt-repository ppa:webupd8team/java dan tekan Enter. Perintah ini akan menambahkan pangkalan data dari situs web Linux yang tepercaya (webupd8.org). Sejauh ini, perintah tersebut merupakan cara termudah untuk menginstal Oracle Java 8.
    • Tik sudo apt-get update dan tekan Enter. Perintah ini akan memperbarui pengelola paket Anda dengan pangkalan data baru.
    • Tik sudo apt-get install oracle-java8-installer dan tekan Enter. Perintah ini akan menginstal Java 8 Runtime Environment. Anda perlu membaca dan menyetujui perjanjian lisensi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »