Cara Menghubungkan Laptop ke Docking Station

Bagian 1 dari 2: Menghubungkan Laptop ke Docking Station

  1. Gambar berjudul Dock a Laptop Step 1

    Tutup laptop Anda. Sebelum menghubungkan laptop ke docking station, pastikan Anda telah menyimpan pekerjaan Anda, lalu nonaktifkan laptop (atau buat dalam mode tidur), dan tutup laptop.
    • Beberapa model docking station memungkinkan Anda menghubungkan laptop tanpa menutup maupun menonaktifkannya. Akan tetapi,hal ini dapat mengganggu jika Anda menghubungkannya ke monitor. Jika perlu, hadapkan laptop ke belakang sehingga layarnya tidak terlihat. Ada dua jenis docking station: docking station berbentuk horizontal yang terlihat seperti balok kecil dan docking station berbentuk miring yang terlihat seperti sandaran buku. Perangkat jenis pertama selalu terhubung dengan bagian bawah belakang laptop sehingga jika Anda menggunakan docking station jenis ini, cek bagian belakang laptop untuk memastikan slot yang diperlukan terbuka.
    • Perlu dicatat bahwa docking station berjenis sandaran buku biasanya memiliki koneksi menggunakan kabel, sehingga Anda tidak perlu mengecek slot di laptop.
  2. Gambar berjudul Dock a Laptop Step 2

    Pasang laptop ke docking station. Kemudian, pastikan laptop sudah terpasang dengan benar di tempat yang tersedia. Lihat informasi lebih lanjut di bawah:
    • Untuk docking station berjenis "balok", sejajarkan port di laptop dengan steker di docking station. Masukkan laptop sehingga steker tersambung dengan port.
    • Untuk docking station berjenis "sandaran buku", letakkan laptop di sandaran dengan posisi menghadap ke depan. Biasanya, tidak ada steker maupun port yang perlu disambungkan karena laptop disambungkan melalui kabel.
  3. Gambar berjudul Dock a Laptop Step 3

    Jika perlu, gunakan kabel untuk menghubungkan laptop. Jika Anda menggunakan docking station yang membutuhkan kabel (atau port laptop tidak sesuai dengan steker docking station), sambungkan kabel dari laptop menuju docking station seperti menghubungkan periferal ke laptop via kabel.
    • Sebagian besar docking station modern menggunakan kabel USB 3.0 atau pun USB 2.0. Akan tetapi terdapat beberapa pengecualian. Lihat instruksi manual Anda jika ragu.
  4. Gambar berjudul Dock a Laptop Step 4

    Hubungkan periferal ke docking station. Setelah Anda menghubungkan laptop ke docking station, menghubungkan periferal ke docking station akan cukup mudah. Hubungkan periferal langsung ke docking station seperti Anda menghubungkan periferal ke laptop atau pun komputer desktop. Periferal yang didukung oleh sebagian besar docking station adalah sebagai berikut:
    • Monitor (via port pin standar atau kabel HDMI)
    • Papan ketik (via USB)
    • Tetikus (via USB)
    • Modem/router (via kabel Ethernet)
    • Printer (tergantung model)[2]
    • Catatan: Jika Anda tidak menggunakan monitor, papan ketik, atau pun tetikus, gunakan laptop dalam posisi terbuka dan gunakan layar/papan ketik/touchpad seperti biasa.
  5. Gambar berjudul Dock a Laptop Step 5

    Pasang driver perangkat yang diperlukan sebelum digunakan. Setelah laptop dan seluruh periferal terhubung dengan docking station, maka Anda dapat langsung menggunakan laptop Anda. Akan tetapi saat Anda menggunakan docking station untuk pertama kali, Anda mungkin harus memasang beberapa driver yang diperlukan supaya perangkat dapat bekerja dengan benar. Proses ini berlangsung secara otomatis. Sebelum laptop digunakan, biarkan komputer memasang driver hingga selesai.

Bagian 2 dari 2: Menyelesaikan Masalah yang Umum Dihadapi

  1. Gambar berjudul Dock a Laptop Step 6
    Pastikan docking station mendapatkan daya. Terkadang kita melupakan bahwa docking station juga perlu membutuhkan daya. Jika docking station Anda tidak dapat menyala, pastikan kabel daya docking station terhubung dengan benar ke stopkontak.
    • Banyak docking station modern mempunyai indikator lampu kecil untuk menunjukkan apakah perangkat terisi daya atau tidak.
  2. Gambar berjudul Dock a Laptop Step 7
    Jika periferal tidak berfungsi, cek kabel sambungan ke docking station. Jika beberapa periferal yang tersambung berfungsi sementara beberapa lainnya tidak berfungsi, ada kemungkinan terjadi malfungsi pada koneksi perangkat. Pastikan semua periferal terhubung dengan benar di port yang seharusnya.
    • Walaupun jarang terjadi, ada kemungkinan debu menempel di steker sehingga perangkat tidak terbaca pada port docking station. Bersihkan steker dari debu dengan tekanan udara atau kain khusus untuk peralatan komputer lalu sambungkan kembali steker.[3]
    • Anda juga bisa membersihkan bagian luar steker dengan menggunakan kain yang sudah diresapi cairan alkohol atau cairan pembersih alat elektronik.[4]
  3. Gambar berjudul Dock a Laptop Step 8
    Pastikan Anda sudah memasang driver docking station yang terbaru . Biasanya komputer akan mendeteksi perangkat baru yang terpasang lalu memasang driver (berkas yang dibutuhkan supaya perangkat dapat berfungsi dengan benar). Akan tetapi terkadang komputer tidak dapat mencari dan memasang driver secara otomatis. Jika hal ini terjadi, docking station tidak akan berfungsi sehingga Anda harus mengunduh dan memasang driver yang diperlukan secara manual.
    • Driver biasanya tersedia untuk diunduh secara gratis di situs web produsen perangkat. Sebagian besar komputer modern dapat mencari driver di internet secara otomatis.
  4. Gambar berjudul Dock a Laptop Step 9
    Cek produsen perangkat untuk memastikan Anda menggunakan perangkat yang kompatibel. Umumnya, jika steker docking station dapat terhubung ke port laptop dengan pas, kemungkinan besar perangkat kompatibel dengan laptop Anda. Namun, tips ini tidak selalu bisa diandalkan. Jika docking station terhubung ke laptop namun tidak berfungsi, ada kemungkinan perangkat tidak kompatibel. Informasi kompatibilitas model docking station yang Anda miliki dapat ditemukan di situs web produsen perangkat.
    • Jika Anda tidak dapat menemukan nama model docking station yang Anda miliki, coba lihat nomor produk di perangkat. Nomor produk biasanya terletak di label stiker di bagian bawah atau belakang perangkat.[5]
  5. Gambar berjudul Dock a Laptop Step 10
    Hanya gunakan kabel pengisi daya bawaan docking station. Beberapa kabel pengisi daya mungkin pas saat disambungkan ke docking station, tetapi tidak dianjurkan untuk menggunakan kabel tersebut. Kabel yang berbeda memiliki arus listrik yang berbeda pula sehingga menggunakan kabel pengisi daya yang salah dapat memicu kerusakan pada sirkuit docking station Anda (secara langsung atau tidak).
    • Jika kabel pengisi daya yang asli hilang, konsultasikan dengan staf toko elektronik di tempat Anda sebelum membeli kabel pengisi daya pengganti. Sebagian besar ahli elektronik yang terlatih dapat membantu Anda mencari pengisi daya yang aman digunakan dengan perangkat Anda.
  6. Gambar berjudul Dock a Laptop Step 11
    Jika docking station tidak berfungsi, sambungkan periferal langsung ke laptop. Cara ini akan berfungsi sama seperti Anda menggunakan docking station. Namun, cara ini memiliki dua kelemahan:
    • Akan banyak kabel yang terhubung ke laptop Anda sehingga kabel-kabel tersebut dapat terbelit ketika Anda memasang atau melepas kabel-kabel tersebut dari laptop (karena alasan inilah docking station diciptakan).
    • Tidak semua laptop memiliki port yang dibutuhkan bagi periferal untuk terhubung.

Tips

  • Jika komputer Anda memiliki kemampuan nirkabel, Anda dapat menggunakan koneksi Wi-Fi untuk mengakses internet sehingga jumlah kabel yang Anda perlukan berkurang. Akan tetapi, sambungan internet via kabel memberikan kecepatan dan kestabilan yang lebih ketika koneksi nirkabel lemah.
  • Pastikan docking station Anda tertata rapi. Anda bisa menggunakan pengikat kabel atau selotip untuk membuat kabel-kabel tersusun rapi.
  • Pastikan Anda mengetahui cara menghubungkan periferal ke laptop secara langsung untuk berjaga-jaga ketika docking station yang Anda miliki rusak.

Peringatan

  • Jangan gunakan carian pembersih untuk membersihkan laptop dan docking station, terutama ketika perangkat sedang menyala. Cairan pembersih dapat merusak perangkat elektronik.
  • Selalu lakukan pengecekan terhadap perangkat sebelum digunakan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »