Cara Mengaplikasikan Monogram Pada Sepatu

Selain melabelkan benda dengan lebih privat, mengaplikasikan teknik monogram inisial nama juga mampu menciptakan kesan mewah dan tak biasa. Ketimbang menggunakan jasa monogram toko seharga $25 (sekitar Rp350.000) hingga lebih dari $100 (Rp1,3 juta), Anda bisa mencoba sendiri teknik ini di rumah. Hasilnya sama, namun dengan biaya yang lebih murah.
Iklan


Bagian 1 dari 3: Memilih Sepatu

  1. Gambar berjudul Monogram Shoes Step 1
    Carilah sepatu berbahan kain di lemari Anda. Mayoritas jenis kain, seperti upholstery (jenis kain yang biasa digunakan sebagai bahan pelapis furnitur), beludru, kanvas, dan sintetis sangat cocok untuk proyek ini. Berbeda halnya dengan bahan kulit, yang biasanya tidak mampu mengakomodasi teknik monogram dengan baik.
  2. Gambar berjudul Monogram Shoes Step 2
    Pertimbangkanlah untuk membeli sepatu kain. Sepasang sepatu sneaker (sepatu olahraga namun kini dilengkapi fungsi kasual) atau ballet flats (sepatu balerina bersol datar) yang dapat Anda beli dengan mudah di banyak toko sepatu bisa menjadi padanan serasi untuk proyek ini.
  3. Gambar berjudul Monogram Shoes Step 3
    Bersihkan sepatu dengan air dan lap. Anda bisa membubuhkan sedikit detergen ringan ke dalam kain basah untuk membersihkan sepatu yang kotor. Gosoklah bagian yang kotor secara perlahan, lalu bilas hingga bersih.
    • Perhatikan lokasi penempelan monogram, seperti area pergelangan kaki, ujung atau punggung sepatu.

    • Gambar berjudul Monogram Shoes Step 4
      Biarkan sepatu mengering sempurna, sebelum Anda melanjutkan proses monogram.
    Iklan

    Bagian 2 dari 3: Membeli Bahan-bahan

    1. Gambar berjudul Monogram Shoes Step 5
      Kunjungi toko kerajinan tangan untuk mencari iron-on letters (kertas sablon setrika, berbentuk barisan alfabet dalam beragam bentuk dan warna). Anda bisa menemukannya dengan mudah di toko-toko seperti Hobby Lobby, JoAnn’s, Michaels, dan lain sebagainya. Carilah huruf yang bisa Anda beli secara terpisah. Ingatlah, Anda akan mempraktikkan teknik monogram inisial nama. Anda hanya membutuhkan beberapa huruf, bukan satu paket iron-on letters yang berisi 26 huruf.
    2. Gambar berjudul Monogram Shoes Step 6
      Temukan lebih banyak pilihan dengan mengunjungi situs daring. Anda bisa memasukkan kata kunci “iron on letters” pada mesin pencari. Akan ada banyak pilihan yang tersedia, seperti desain huruf halus, huruf bordir, hingga huruf mengilat.
    3. Gambar berjudul Monogram Shoes Step 7
      Belilah masing-masing dua, untuk setiap huruf yang Anda pilih, sebab Anda akan mengaplikasikan monogram pada sisi kanan dan kiri sepatu. Anda bisa memilih, akan melakukan monogram inisial nama, dengan dua atau justru tiga huruf.
    4. Gambar berjudul Monogram Shoes Step 8
      Letakkan iron-on letters (kertas huruf) di atas sepatu untuk memutuskan lokasi monogram. Cobalah untuk menempatkan dua atau tiga huruf secara berdekatan, sehingga tampak seperti monogram yang profesional.
    Iklan

    Bagian 3 dari 3: Mengaplikasikan Teknik Monogram pada Sepatu

    1. Gambar berjudul Monogram Shoes Step 9
      Masukkan gumpalan kertas tisu di dalam rongga masing-masing sepatu. Letakkan sepatu di atas meja kerja Anda.
    2. Gambar berjudul Monogram Shoes Step 10
      Nyalakan setrika dan tunggu hingga memanas.
       
    3. Gambar berjudul Monogram Shoes Step 11
      Tempelkan huruf tengah inisial nama pada sepatu, jika Anda memilih untuk mengaplikasikan monogram sebanyak tiga huruf. Letakkan tepat di bagian tengah, dan Anda bisa meletakkan dua sisanya, di sisi kanan dan kiri. Jika Anda menggunakan dua huruf, Anda bisa menyeimbangkan posisinya, dengan sedikit bergeser dari sisi tengah.
    4. Gambar berjudul Monogram Shoes Step 12
      Tekan setrika dengan lembut di atas huruf pertama. Diamkan di sana hingga panasnya cukup untuk proses pelekatan.
    5. Gambar berjudul Monogram Shoes Step 13
      Angkat setrika. Tutupi bagian atas sepatu dan huruf dengan sarung bantal. Tekan setrika pada sarung bantal dan “kertas huruf” sesuai instruksi waktu yang ada pada kemasan iron-on letters. Biasanya, proses ini akan berlangsung sekitar sepuluh detik sampai satu menit, atau hingga huruf melekat sempurna.
    6. Gambar berjudul Monogram Shoes Step 14
      Lepaskan setrika dan sarung bantal. Ulangi proses di atas, untuk proses pelekatan sempurna. Harus diingat, lakukan prosesnya secara bertahap, yakni per satu huruf pada tiap sepatu.[1]
       
    7. Gambar berjudul Monogram Shoes Step 15
      Lepaskan setrika dan biarkan hingga mendingin. Biarkan sepatu benar-benar dalam keadaan dingin sebelum dipakai.
    Iklan

      Tips

      • Jika huruf hasil monogram mulai terkelupas, Anda bisa menggunakan lem yang kuat, seperti E6000 super glue untuk merekatkan ulang area yang terkelupas. Bubuhlah lem dengan bantuan tusuk gigi. Tekan dan tahan tambalan pada sepatu dengan menggunakan jepitan rambut atau penjepit pakaian selama semalam.
      Iklan


        Hal yang Anda Butuhkan

        • Air
        • Lap
        • Detergen ringan
        • Kertas tisu
        • Sarung bantal
        • Iron-on letters (kertas sablon setrika, berbentuk barisan alfabet dalam beragam bentuk dan warna)
        • Setrika
        • Meja kerja

        Share this

        Related Posts

        Previous
        Next Post »