Cara Membuat Hidup Menjadi Lebih Menarik

Kadang, tiba waktunya untuk sebuah perubahan. Rutinitas kita jadi membosankan, kebiasaan kita jadi membosankan, dan hidup kita jadi terlihat membosankan. Kabar baiknya? Anda bisa mulai mengubahnya sekarang juga. Tetapi ingat satu hal ini: satu-satunya orang yang harus merasa bahwa hidup Anda itu menarik adalah diri Anda sendiri. Tidak peduli apa pun yang Anda lakukan, selama itu berhasil. Apakah Anda siap melakukannya?

Bagian 1 dari 3: Mengembangkan Minat yang Dinamis

  1. Gambar berjudul Make Your Life Interesting Step 1
    Cari hobi baru. Ada ratusan cara berbeda yang bisa Anda lakukan dengan anggaran sebesar apa pun. Kalau anggaran Anda kecil, cobalah hobi sesederhana seperti mengambil pensil dan kertas lalu belajar menggambar. Untuk hobi yang sama sekali tidak mengeluarkan uang, cobalah berjalan-jalan di pedesaan atau di sepanjang sungai. Atau bahkan, Anda bisa mulai belajar HTML atau CSS. Jika Anda bersedia merogoh kantong, ikutilah kelas menari, musik, atau carilah hobi yang bisa memompa adrenalin Anda. Anda bisa mencoba menyelam, berenang, yoga, memasak, memanah, atau bersepeda; dan ini hanya sebagian contoh saja. Kedengarannya sepele, tetapi kalau mau, Anda bisa menyusun seluruh gaya hidup untuk diri Anda sendiri, pilih saja. Mungkin Anda suka balet atau memancing?
    • Menyibukkan diri dengan sesuatu yang Anda sukai akan membuat kebosanan berkurang, menjadikan Anda lebih bahagia, dan akan membuat Anda menjadi orang yang lebih menyenangkan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan teman baru. Selain itu, Anda juga akan memiliki keahlian keren yang bisa dijadikan bahan obrolan dan ditunjukkan kepada dunia.

  2. Gambar berjudul Make Your Life Interesting Step 2
    Ambil kursus online. Jika Anda memiliki internet, Anda bisa mencari pengetahuan. Teknologi memang menakjubkan dan tidak ada tempat untuk berdalih. Ada situs-situs besar seperti Coursera[1] atau Khan Academy[2] yang menawarkan kursus online gratis. Selain itu, ada situs web universitas seperti MIT dan Harvard yang mengumpulkan seluruh konten dari kursus online tertentu, dan ini tersedia bagi semua orang. Kegiatan ini akan membuat Anda cukup sibuk serta membuat pikiran Anda bekerja sambil memperluas cakrawala. Banyak sekali keuntungannya, bukan?
    • Dan kursus-kursus ini tidak seperti perguruan tinggi, tempat Anda harus mengambil mata kuliah tertentu. Anda bisa berselancar untuk melihat-lihat daftar pelajarannya dan memilih 1 atau 2 yang Anda minati. Dan kalau Anda mogok di jalan? Tidak ada yang namanya “tidak lulus.”

  3. Gambar berjudul Make Your Life Interesting Step 3
    Libatkan diri dalam organisasi yang Anda percayai. Pernahkah Anda bertemu seseorang yang mendedikasikan waktu luangnya untuk orang lain yang kurang beruntung? Mungkin jarang, dan kalaupun sudah pernah bertemu dengan orang seperti itu, Anda pasti kagum melihatnya. Kenapa Anda tidak mencoba untuk menjadi seperti itu? Misalnya dengan cara menjadi sukarelawan di rumah sakit atau di panti jompo. Anda akan membuat diri sendiri dan dunia menjadi lebih baik.
    • Melakukan kebaikan akan membuat Anda memandang diri sendiri dan apa yang terjadi pada Anda dengan lebih baik. Selain itu, Anda juga akan dikelilingi oleh orang-orang yang sepaham dan menarik, yang juga menginginkan dunia menjadi lebih baik.

  4. Gambar berjudul Make Your Life Interesting Step 4
    Aktif dalam cara yang nonkonvensional. Menjadi pelari itu bagus. Rajin pergi ke pusat kebugaran itu hebat. Tetapi bagaimana kalau bentuk olahraga Anda itu memanjat tebing atau backpacking lintas alam? Olahraga seperti ini tidak hanya bagus untuk tubuh dan jiwa, tetapi juga akan membuat Anda sangat keren. Kurang apa lagi?
    • Ini adalah cara yang bagus untuk menjadi sehat sekaligus bertemu orang-orang. Bergabunglah dengan organisasi petualang atau tim pemanjat tebing. Anda merasa tidak segila itu? Bagaimana dengan tim futsal atau basket? Ada banyak grup di luar sana yang dibuat hanya untuk bersenang-senang dan tidak menuntut keahlian tinggi.

  5. Gambar berjudul Make Your Life Interesting Step 5
    Lakukanlah sesuatu yang tidak pernah Anda bayangkan. Kita semua cenderung mengotak-ngotakkan diri. Kita pikir kita akan menyukai ini, kita pikir kita harus bertindak seperti itu; padahal itu tidak ada manfaatnya untuk kita. Luangkan waktu beberapa saat untuk memikirkan sesuatu yang belum pernah Anda lakukan, kemudian pertimbangkanlah untuk melakukannya. Anda belum pernah memegang ular? Peganglah. Anda belum pernah menyentuh laba-laba? Sentuhlah. Anda akan mengejutkan diri sendiri.
    • Tidak harus selalu hal yang mengerikan; Anda bisa saja menonton konser musik klasik, jika itu adalah sesuatu yang tidak akan pernah Anda lakukan. Penekanannya adalah keluar dari zona nyaman Anda dan menjadi orang yang lebih dinamis. Dan dengan cara ini, Anda bisa mengetahui apakah Anda benar-benar menyukai hal itu atau tidak.

  6. Gambar berjudul Make Your Life Interesting Step 6
    Menyingkirlah dari komputer Anda. Tentunya setelah Anda selesai membaca seluruh artikel ini. Lalu berjanjilah pada diri sendiri bahwa Anda akan membatasi waktu yang digunakan untuk membuka Facebook, Twitter, dan situs-situs lain yang tidak akan membuat hidup Anda menjadi lebih baik. Renungkanlah seluruh jam yang Anda buang untuk menggulirkan tetikus (mouse) tanpa berpikir, padahal Anda bisa membuat sebuah prakarya, mengobrol dengan anggota keluarga, atau membantu teman? Berada di depan komputer terus-menerus akan menjauhkan kehidupan Anda dari sesuatu yang lebih menarik dan dari diri yang lebih baik serta lebih utuh.
    • Jangan dulu khawatir; kita semua masih membutuhkan rutinitas. Mulailah dengan membatasi diri. Jika Anda biasa menghabiskan 30 menit atau satu jam sehari pada situs favorit, kurangilah jamnya. Gantilah dengan membaca buku atau mempelajari keahlian yang mungkin sudah lama Anda coba pelajari. Anda tidak harus berhenti total dari rutinitas. Buatlah catatan jika Anda mau, dan tulis berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk kegiatan yang seru dan berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk kegiatan yang tidak menarik. Anda akan kaget melihat betapa menyenangkannya hidup Anda.

Bagian 2 dari 3: Membuat Hidup Tetap Sibuk dan Seru

  1. Gambar berjudul Make Your Life Interesting Step 7
    Ubah rutinitas Anda. Anggapan orang lain itu tidak penting, yang penting adalah Anda sendiri menganggap bahwa hidup Anda menarik. Dan untuk mendapatkannya, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah kecil dan rutinitas yang berbeda. Jadi, bangunlah 15 menit lebih awal pada pagi hari, makanlah jenis sarapan yang belum pernah Anda makan, dan duduklah di beranda sambil membaca koran. Luangkan waktu satu hari untuk pergi ke bioskop. Lakukan hal konyol pada jam makan siang. Tidak perlu sesuatu yang besar, yang penting harus sesuatu yang berbeda.
    • Pikirkanlah satu hal setiap hari yang bisa Anda lakukan dengan cara yang berbeda. Entah mengambil rute lain ketika pulang ke rumah, memasak makan malam yang serius, atau menelepon teman yang sudah bertahun-tahun hilang kontak. Coba saja. Ini tentang “mengejutkan diri sendiri,” bukan orang lain.

  2. Gambar berjudul Make Your Life Interesting Step 8
    Carilah acara-acara lokal seperti pasar kaget, festival, dan acara musik yang bisa Anda kunjungi. Pilihlah sesuatu yang menurut Anda menarik di daerah Anda dan datangilah. Biasanya ada pula acara-acara lokal yang tidak memerlukan banyak uang, atau bahkan tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali. Dengan melakukan hal yang bukan merupakan rutinitas, Anda akan terus mengejutkan diri sendiri dan membuat hidup jadi lebih segar dan bersemangat.
    • Untuk mengetahui acara-acara lokal, bacalah koran, carilah secara online, lihatlah flyer di jalanan dan di kafe, dan mengobrollah dengan teman atau orang asing (misalnya gadis yang sedang mengatur mikrofon di kafe favorit Anda). Dengan begitu, Anda juga akan menciptakan hubungan sosial, yang pada gilirannya akan membuat Anda merasa dua kali lebih produktif.

  3. Gambar berjudul Make Your Life Interesting Step 9
    Jelajahi kota tempat Anda tinggal. Ketika Anda pergi berlibur ke mana pun, tempat yang Anda kunjungi sepertinya selalu lebih menarik daripada tempat Anda tinggal. Padahal mungkin ada banyak hal yang bisa dilakukan di sekitar tempat tinggal Anda. Hanya saja selama ini Anda belum meluangkan waktu untuk melihat-lihat dengan lebih dekat, karena semuanya sudah ada di sana sejak dahulu. Bukalah mata Anda. Apa yang sudah Anda lewatkan?
    • Pergilah ke kantor dinas pariwisata lokal dan cari tahu apa yang turis lakukan di kota Anda. mungkin ada museum, wisata perahu, galeri seni, atau landmark yang sebelumnya tidak pernah Anda sadari atau minati.

  4. Gambar berjudul Make Your Life Interesting Step 10
    Terima semua undangan. Jika Anda terus memberikan alasan bahwa Anda tidak bisa ikut bersosialisasi, lama-kelamaan orang-orang akan melupakan Anda dan berhenti mengajak. Walaupun Anda tidak terlalu akrab dengan orang-orang yang mengajak Anda pergi, atau tidak terlalu suka dengan tempat yang akan mereka kunjungi, berilah mereka kesempatan dan pergilah bersama mereka. Anda tidak perlu melakukannya setiap waktu; sekali-kali saja.
    • Bersosialisasi dengan teman akan menambah semangat secara instan. Jika hidup Anda penuh dengan kerja, kerja, dan kerja, sisihkan rasa bersalah dan tanggung jawab barang sehari, dan pergilah bersenang-senang. Anda berhak mendapatkannya.

  5. Gambar berjudul Make Your Life Interesting Step 11
    Lakukan sesuatu yang spontan. Pada minggu pagi, Anda mungkin sering bermalas-malasan, membuka-buka Facebook, menonton TV, dan bersantai. Jika Anda mendapati waktu luang seperti itu, manfaatkanlah sebagai sebuah kesempatan untuk melakukan sesuatu. Pesanlah kamar untuk satu malam di hotel lokal. Carilah tempat sarapan prasmanan. Berkendaralah dan jangan merencanakan rute Anda. Jadikan diri Anda ahli untuk mengejutkan diri sendiri.
    • Sekali-kali rencanakanlah untuk tidak melakukan apa-apa selama sehari. Inilah saatnya Anda tidak perlu membuat rencana. Saat hari itu tiba, lakukan apa pun yang terbersit di dalam pikiran. Bisa saja menonton film, bisa juga naik gunung, atau apa pun itu. Ikuti saja insting Anda.

  6. Gambar berjudul Make Your Life Interesting Step 12
    Rancanglah sebuah pesta atau malam jalan-jalan bersama teman. Merancang kegiatan seperti ini akan menyibukkan Anda dan membuat Anda menanti-nanti hingga waktunya tiba. Kegiatan ini juga akan menjadi kenangan yang bisa Anda ingat dengan bahagia. Orang-orang di sekitar Anda juga mungkin akan mencetuskan ide-ide yang layak dicoba.
    • Cari juga kesempatan seperti itu. Apakah Anda suka mendengarkan konser musik langsung? Belikan minuman untuk si gitaris dan ajaklah dia mengobrol. Cobalah makan bersama dengan teman satu tim futsal yang baru. Kadang-kadang Andalah yang harus mencari kesempatannya, dan bukan hanya duduk menunggu.

  7. Gambar berjudul Make Your Life Interesting Step 13
    Rencanakan sebuah perjalanan. Alih-alih menghabiskan akhir pekan di rumah (walaupun akhir pekan itu selalu menyenangkan di mana pun Anda berada), rencanakanlah untuk melakukan perjalanan sekitar 2 hari. Anda tidak harus bercuti, dan perjalanan wisatanya tidak harus mahal; Anda bahkan bisa pergi ke tempat yang hanya perlu setengah jam perjalanan. Di sana Anda bisa menghabiskan seluruh akhir pekan di hotel sambil menikmati layanan kamar. Yang penting, berjalan-jalan dan bersenang-senanglah!
    • Apakah ada suatu tempat yang cukup dekat dan selalu ingin Anda kunjungi tetapi belum kesampaian? Ambillah ini sebagai kesempatan yang bagus untuk mewujudkannya. Walaupun hanya butuh waktu sesorean, pengalaman ini akan sangat berharga. Jadilah turis sementara waktu dan tinggalkan semua rutinitas Anda. Ini waktunya untuk bersantai, mempelajari sesuatu, dan keluar dari rutinitas.

Bagian 3 dari 3: Berpikir Positif tentang Hidup Anda

  1. Gambar berjudul Make Your Life Interesting Step 14
    Singkirkan apa pun yang membuat Anda bosan. Kadang hidup jadi terasa terlalu nyaman. Kita melakukan pekerjaan yang tidak kita sukai tetapi kita perlu uangnya untuk membayar tagihan, hubungan cinta yang sudah mulai pudar, atau kita berada di tempat yang tidak kita sukai. Jika ada hal besar yang terjadi di dalam hidup dan membuat Anda jatuh, maka hentikanlah. Mungkin akan terasa sulit sekarang, tetapi Anda akan merasa lebih baik nanti.
    • Dalam keadaan seperti ini, Anda harus menimbang kelebihan dan kekurangannya. Bisakah Anda terus melanjutkan atau haruskah Anda berhenti bekerja? Mungkinkah hubungan Anda dengan pasangan hanya sedang mengalami masa-masa sulit dan biasanya tidak seperti itu? Pastikan Anda memikirkan semua sisi sebelum membuat perubahan besar.
    • Tidak menemukan jalan keluar? Kalau begitu pikirkanlah beberapa cara untuk membuatnya jadi lebih menarik. Mintalah proyek di kantor, sering-seringlah bepergian, atau lakukanlah hal baru dan seru dengan pasangan Anda. Segala sesuatu pasti bisa berubah.

  2. Gambar berjudul Make Your Life Interesting Step 15
    Bereskan kekacauan. Rumah yang rapi akan membuat pikiran jadi tenang. Mungkin akhirnya Anda bisa mengosongkan tempat untuk menaruh barang-barang yang menarik. Dengan melakukan hal ini, Anda menunjukkan pada diri sendiri bahwa Anda telah membuat perubahan, dan itu akan membuat diri Anda menjadi lebih baik. Memiliki rumah yang bersih juga akan menghadirkan rasa senang, membantu Anda jadi lebih teratur, memungkinkan Anda untuk lebih sering mengundang teman untuk mampir tanpa merasa malu, dan menghemat waktu Anda ketika sedang mencari sesuatu.
    • Menyingkirkan barang yang berantakan juga akan membuat ruangan jadi terlihat lebih cerah dan besar, dan karenanya akan membuat Anda jadi lebih segar dan bahagia saat bangun di pagi hari atau saat pulang kerja. Semua orang seharusnya merasa senang berada di rumah, dan rumah yang rapi akan mempermudah Anda merasa seperti itu.

  3. Gambar berjudul Make Your Life Interesting Step 16
    Jangan suka berpikiran negatif. Jika lain kali Anda diundang ke suatu tempat, atau tugas Anda sudah mendekati tenggat waktu, jangan biarkan pikiran negatif merongrong. Jika Anda bisa berfokus pada hal-hal positif, Anda pasti bisa menikmati hal terkecil sekalipun. Memang sangat mudah untuk tenggelam dalam kenegatifan. Tetapi Anda tidak akan merasa bahagia kalau hanya melihat sisi buruk dalam segala hal.
    • Jika pikiran negatif mulai merasuki kepala, berusahalah untuk bersikap positif di akhirnya. Nanti, Anda pun akan terbiasa untuk berpikir positif dengan sendirinya. Misalnya, kalau Anda berpikir, “Susah sekali...,” maka lanjutkan dengan pikiran, “... tetapi aku pasti akan senang sekali kalau berhasil menyelesaikannya!”

  4. Gambar berjudul Make Your Life Interesting Step 17
    Pedulikan saja pendapat Anda sendiri. Gagasan bahwa “hidupku memang tidak menarik” tidaklah masuk akal. Hidup setiap orang itu pasti menarik, karena Anda adalah diri Anda dan tidak ada orang yang sama dengan Anda. Cobalah berfokus pada hal-hal yang menarik bagi Anda, dan bukan bagi orang lain. Kalau tidak, Anda akan tetap merasa bosan dan tidak puas.
    • Itulah sebabnya, yang terpenting adalah definisi Anda sendiri bahwa suatu hal itu menarik. Jika Anda merasa bahwa memiliki 4 pekerjaan dan tidak pernah tidur itu menarik, lakukanlah. Jika definisi Anda berarti bepergian keliling dunia, pergilah. Jika hal yang menarik menurut Anda adalah memiliki banyak keahlian, cobalah. Setiap orang memiliki konsep yang berbeda dan Anda hanya bisa memilih satu konsep saja.

  5. Gambar berjudul Make Your Life Interesting Step 18
    Ubah pola makan. Jika sudah membahas indra perasa, ingatlah dua hal ini:
    • Makanlah makanan dengan nutrisi baik yang seimbang. Makanan dengan nutrisi seimbang ini bagus untuk kesehatan dan suasana hati. Makanan yang buruk akan membuat Anda tidak berenergi, merasa pening, dan sakit. Selain itu, dengan menyadari bahwa Anda merawat tubuh, Anda juga akan merasa lebih baik, jadi lebih percaya diri, serta bahagia.
    • Buat variasi. Cari beberapa resep baru yang ingin Anda coba. Makanlah masakan Korea Jumat depan. Cobalah rasa-rasa yang belum pernah Anda cicipi sebelumnya. Memakan masakan yang menarik akan membuat Anda lebih bersemangat 3 kali setiap harinya. Boleh juga, kan?

  6. Gambar berjudul Make Your Life Interesting Step 19
    Luangkan waktu untuk berelaksasi. Entah dengan memanjakan diri seminggu sekali, berendam air panas, atau latihan pernapasan. Anda membutuhkan sesuatu untuk membantu menenangkan diri. Setiap orang membutuhkan waktu untuk berelaksasi selama beberapa jam untuk melepaskan diri dari pekerjaan atau tugas setelah minggu yang sibuk. Sekalipun hanya meluangkan waktu 15 menit untuk membaca buku, percayalah, itu berguna.
    • Beberapa orang sangat fanatik pada hal-hal seperti yoga dan meditasi. Yang lainnya lebih suka bermain video game. Tidak ada cara yang benar atau salah untuk berelaksasi, selama cara itu efektif untuk Anda. Setelahnya, Anda akan merasa segar kembali dan siap untuk menjalankan aktivitas.

  7. Cara Membuat Hidup Menjadi Lebih Menarik
    Habiskan waktu di sekeliling orang-orang yang bahagia. Hindarilah orang-orang yang meratap dan mengeluh tentang segala hal sepanjang waktu. Carilah orang-orang yang memiliki selera humor yang baik, yang memiliki pandangan hidup yang positif. Anda akan mendapati kepositifan mereka menular. Orang-orang seperti ini biasanya adalah orang-orang yang juga senang mencari hal-hal yang menarik dan sesuatu yang baru.
    • Ide bagus lainnya? Luangkan waktu bersama keluarga. Saat beranjak dewasa, kita akan menyadari bahwa sewaktu muda kita menganggap mereka payah, padahal sebenarnya kita sudah kehilangan waktu yang berharga bersama mereka, dan waktu tidak bisa diputar balik. Mungkin saat ini mereka juga sedang melakukan hal yang menarik dan akan senang jika Anda ikut bergabung.


Peringatan

  • Jangan terlalu berfokus untuk membuat hidup Anda menjadi lebih baik sampai-sampai Anda lupa untuk menikmati hal yang sedang Anda kerjakan!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »