Cara Bikin Laptop Lebih Cepat


Shark20.ga, Cirebon — Terkadang, pengguna laptop edisi lama mengeluh kecepatan perangkatnya yang semakin berkurang. Laptop yang lelet tentunya sangat mengganggu kinerja dan kenyamanan pengguna.

Nah, kali ini tips komputer membahas cara untuk menolong laptop yang sekarat itu tadi. Cara-cara ini sebenarnya diambil dari tips merawat Personal Computer (PC), namun juga bisa diaplikasikan di laptop.

Sebagaimana dikutip dari Techpp, Senin (14/3/2016), tips-tips komputer bukan merupakan trik sulap yang bisa mempercepat kinerja laptop secara tiba-tiba. Tetap ada batasan edisi dan usia laptop yang masih bisa ditolong dengan menerapkan tips komputer ini.

Sebagian besar tips komputer ini tidak mengeluarkan biaya, namun pengeluaran biaya perlu dilakukan untuk mengganti beberapa perangkat keras untuk mempercepat gerak laptop. Berikut ini beberapa cara mempercepat kinerja laptop:

1. Selalu Bersihkan Laptop
Kotoran debu atau partikel-partikel kecil bisa dengan mudah masuk dan kotoran-kotoran  yang ada membuat laptop cepat panas. Pengguna laptop harus secara rutin membersihkan sela-sela laptop dengan sikat gigi bekas dan tisu yang bisa digunakan untuk menghilangkan debu.
Membersihkan bagian laptop dari debu, bukan hanya di permukaan keyboard dan layarnya saja, namun pengguna  juga perlu membuka laptop dari belakang dan membersihan bagian dalam laptop dari debu.
Dengan membersihkan debu di bagian dapur pacu laptop, laptop bisa terhidar dari kerusakan chipset dan overheating yang berlebihan. Dengan stabilnya panas laptop, pengguna  bisa memiliki laptop kesayangan dengan waktu lebih lama lagi.

2. Tetap Dinginkan Laptop
Penggunaan Cooling Pad atau kipas eksternal laptop memang sangat dianjurkan. Selain tetap mendinginkan laptop, kipas eksternal ini bisa memperlancar arus udara yang masuk ke laptop.
Selain penggunaan kipas eksternal, sebaiknya hindari penggunaan laptop di kasur atau segala tempat yang dapat menyerap panas. Hal itu akan membuat laptop overheat dan bisa berakibat fatal pada CPU dan Chipset laptop. Sebaiknya letakkan laptop di meja atau permukaan datar yang keras.

3. Install OS Terbaru
Dengan meng-install OS baru, terutama Windows, dapat memperbaiki sistem kerja laptop dengan baik. Adanya virus, malware atau segala penyakit dalam laptop juga dapat melambatkan kinerja laptop. Satu-satunya cara untuk menghilangkannya adalah dengan bantuan antivirus. Namun, apabila virus dan malware sudah masuk terlalu dalam, maka akan sulit untuk menghilangkannya. Apabila bisa dihilangkan, maka tetap saja kinerja laptop akan sedikit berubah dari sebelumnya.
Banyaknya file-file lama yang tidak terpakai juga menjadi salah satu penyebab leletnya laptop, jadi selain memilah-milah kembali file-file tersebut, meng-install OS baru menjadi langkah tepat untuk mempercepat kinerja sang laptop. Akan lebih baik jika laptop secara resmi bisa update ke windows 7, 8 atau bahkan windows 10.

4. Rutin Defragment Harddisk
Melakukan defrag harddisk secara teratur membuat harddisk bekerja dengan baik. Data-data bisa terkumpul dengan rapi. Selain itu mendefrag HDD juga dapat memperlancar sistem kerja si laptop.

5. Selalu Bersihkan HDD
Periksa kembali segala aplikasi laptop yang ter-install. Dengan memeriksa apliksi di HDD, pengguna akan melihat aplikasi yang sekiranya sudah tidak digunakan lagi dan bisa di-uninstall. Jadi dengan kata lain, meminimalkan aplikasi yang hanya sering atau benar-benar dibutuhkan saja.
Biasanya orang-orang akan lupa menghapus segala aplikasi yang sudah tidak terpakai. Dengan menghapus aplikasi tak terpakai, harddisk laptop bisa memiliki ruang lebih lebar untuk kinerja sistem. Selain itu, menghapus aplikasi tak terpakai juga mempermudah proses defrag yang juga dapat menstimulasi kecepatan kerja si laptop.

6. Hindari Penggunaan Animasi Berlebihan
Dengan menginstall animasi, tampilan laptop memang menjadi jauh lebih menarik, namun itu juga memperlambat kerja laptop. Apabila laptop [engguna menggunakan XP, disarankan untuk menggunakan tema simple dan biasa dengan wallpaper hitam polos untuk memaksimalkan kinerja laptop.

7. Perbesar Kapasitas RAM
Enam tips sebelumnya memang bisa dilakukan tanpa mengeluarkan dana. Namun tips kali ini harus berhadapan dengan pengeluaran untuk membeli RAM yang lebih besar untuk kinerja laptop.
Dengan memperbesar RAM 2 GB atau 4 GB akan sangat berdampak pada kecepatan kerja laptop kesayangan Anda. Setelah mengganti RAM laptop, pengguna pasti akan merasakan perbedaan yang sangat signifikan dari laptop.

8. Gunakan SSD
Menggunakan Solid State Drives atau SSD adalah cara terefektif untuk mempercepat kinerja si laptop. Meski harga yang ditawarkan untuk SSD bisa sangat tinggi, namun menawarkan kecepatan dan kinerja yang super cepat.
Kecepatan SSD dengan ruang 60 GB bisa mencapai 285 Mbps untuk membaca file dan sekitar 275 Mbps untuk memindahkan file. SSD sekelas ini biasanya dibanrol dengan harga sekitar Rp1,8 juta, tergantung tipe dan mereknya.
Namun menggunakan SSD adalah pilihan terbaik untuk menghilangkan penyakit lelet dari si laptop kesayangan.




Sumber
www.solopos.com/2016/03/15/tips-komputer-ini-8-cara-bikin-laptop-kian-cepat-700835

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »