Cara Mengaktifkan Hibernate di Windows 8

Hibernate adalah modus hemat daya yang diaktifkan oleh komputer ketika tidak sedang digunakan. Hibernate akan menyimpan semua program dan dokumen yang terbuka ke dalam cakram keras (hard disk) dan lalu mematikan komputer secara menyeluruh. Ketika menyalakan komputer kembali, Anda bisa segera melanjutkan pekerjaan yang ditinggalkan. Anda bisa menambah shortcut Hibernate ke dalam menu Shutdown, atau Anda juga bisa mengatur komputer untuk masuk ke dalam modus hibernate secara otomatis ketika tidak sedang digunakan.

Bagian 1 dari 3: Menambahkan Hibernate ke dalam Menu Shutdown

  1. Cara Mengaktifkan Hibernate di Windows 8

    Buka menu Power Options. Ada beberapa cara untuk membuka menu ini dengan cepat.
    • Tekan Win+X atau klik kanan tombol Start dan pilih “Power Options”.
    • Buka bar Charms, pilih Settings, lalu pilih “Change PC Settings”, dan klik Control Panel. Pilih Power Options pada menu Control Panel.
    • Tekan Win+R, tik powercfg.cpl, dan tekan Enter.
  2. Gambar berjudul Enable Hibernate in Windows 8 Step 2

    Klik tautan “Choose what the power buttons do”. Tautan ini terletak pada bagian kiri jendela.
  3. Gambar berjudul Enable Hibernate in Windows 8 Step 3

    Klik tautan “Change settings that are currently available”. Ketika mengeklik tautan ini, Anda mungkin akan diminta untuk memasukkan kata sandi (password) akun administrator.
  4. Gambar berjudul Enable Hibernate in Windows 8 Step 4

    Klik kotak “Hibernate” di bagian bawah jendela. Tahap ini akan mengaktifkan opsi Hibernate ketika membuka menu Shutdown. Klik Save changes
  5. Gambar berjudul Enable Hibernate in Windows 8 Step 5

    Tentukan apakah Anda ingin mengubah fungsi tombol Power atau Sleep. Pada dasarnya tombol Power pada komputer akan mematikan komputer secara menyeluruh, dan tombol Sleep akan mengatur komputer untuk masuk ke dalam modus Sleep. Anda bisa mengubah salah satu tombol ini menjadi modus Hibernate dengan menggunakan menu turun (drop-down).
    Iklan

Bagian 2 dari 3: Mengaktifkan Auto-Hibernate

  1. Gambar berjudul Enable Hibernate in Windows 8 Step 6

    Buka menu Power Options. Lihatlah tahap pertama pada bagian sebelumnya pada panduan ini untuk mengetahui cara membuka menu ini.
  2. Gambar berjudul Enable Hibernate in Windows 8 Step 7

    Klik tautan “Change plan settings” di sebelah rencana aktif (active plan). Apabila ada tombol seleksi yang disoroti, maka opsi tersebut yang menjadi rencana aktif pada komputer.
  3. Gambar berjudul Enable Hibernate in Windows 8 Step 8

    Klik tautan “Change advanced power settings”. Tautan ini akan membuka jendela Power Options yang lebih kecil.
  4. Gambar berjudul Enable Hibernate in Windows 8 Step 9

    Perbesar (expand) pilihan opsi Sleep. Opsi ini memperbolehkan Anda untuk mengubah pengaturan modus Sleep.
  5. Gambar berjudul Enable Hibernate in Windows 8 Step 10

    Pahami perbedaan dari opsi yang tersedia. Ada tiga opsi dasar dari modus Sleep yang dapat dipilih: Sleep, Hibernate, dan Hybrid Sleep. Opsi yang Anda pilih tergantung pada kebutuhan daya dan pelanjutan komputer.[1]
    • Sleep – Modus Sleep menyimpan semua program yang terbuka ke dalam RAM, dan lalu mengatur komputer untuk masuk ke dalam modus hemat daya. Anda bisa segera menyalakan komputer dan melanjutkan program dan dokumen dalam beberapa detik saja. Apabila menggunakan laptop, modus ini akan tetap mengurangi daya baterai, tetapi laju pemakaian dayanya lebih lambat dibandingkan dengan laju pemakaian daya dari laptop yang sedang digunakan.
    • Hibernate – Modus ini akan menyimpan semua program yang terbuka ke dalam cakram keras dan lalu mematikan komputer secara menyeluruh. Modus tersebut juga tidak akan menarik daya, berbeda dengan modus Sleep yang mengambil sedikit daya. Anda masih bisa melanjutkan pekerjaan yang ditinggalkan seperti halnya modus Sleep, tetapi komputer membutuhkan beberapa detik lebih lama untuk dihidupkan.
    • Hybrid Sleep – Modus ini adalah kombinasi dari modus Sleep dan Hibernate. Modus tersebut dirancang untuk komputer yang selalu terhubung dengan listrik. Program dan dokumen yang sedang dibuka akan disimpan ke dalam RAM dan cakram keras, setelah itu komputer akan masuk ke dalam modus hemat daya. Apabila ada gangguan daya listrik atau korsleting, Anda masih bisa melanjutkan pekerjaan, karena datanya disimpan di dalam cakram keras.
  6. Gambar berjudul Enable Hibernate in Windows 8 Step 11

    Perbesar pilihan opsi "Hibernate after" dan atur waktu. Opsi ini memperbolehkan Anda untuk mengatur berapa lama komputer Anda berada dalam kondisi diam (idle), ketika komputernya tidak sedang digunakan, sebelum masuk ke dalam modus Hibernate.
    • Apabila tidak ada opsi "Hibernate after", klik tautan “Change settings that are currently unavailable” pada bagian atas jendela. Anda mungkin akan diminta untuk memasukkan kata sandi akun administrator.
    • Pertimbangkan untuk menggunakan modus Hybrid Sleep apabila hanya ada pilihan desktop dan tidak ada pilihan Hibernate. Desktop Anda akan menyala lebih cepat, walaupun membutuhkan daya listrik yang sedikit lebih banyak dibandingkan modus Hibernate. Anda bisa mengaktifkan Hybrid Sleep dengan cara memperbesar pilihan opsi "Allow hybrid sleep".
  7. Gambar berjudul Enable Hibernate in Windows 8 Step 12

    Atur opsi "Sleep after" menjadi "Never" apabila Anda mengaktifkan modus Hibernate. Apabila Anda mengaktifkan modus Hibernate pada tahap sebelumnya, perbesar pilihan opsi “Sleep after” dan atur menjadi “Never” untuk mematikan modus Sleep, karena modus Sleep dan Hibernate akan saling mengganggu dan menimbulkan konflik.
  8. Gambar berjudul Enable Hibernate in Windows 8 Step 13

    Klik .Apply untuk menyimpan perubahan. Komputer akan masuk ke dalam modus Sleep atau Hibernate sesuai dengan pengaturan yang telah dibuat ketika komputer tidak digunakan dalam kurun waktu yang telah diatur sebelumnya.
     
     
     

    Bagian 3 dari 3: Menyelesaikan Masalah yg Muncul dalam Pengaturan

  1. Gambar berjudul Enable Hibernate in Windows 8 Step 14

    Perbarui driver kartu grafis. Beberapa kartu gratis tidak mendukung semua opsi Sleep yang tersedia pada sistem operasi Windows. Memperbarui driver biasanya akan mengaktifkan fungsi opsi tersebut, tetapi apabila mempunyai kartu grafis yang lawas, Anda mungkin tidak akan mendapatkan opsi tersebut.
    • Kunjungi situs web produsen kartu grafis. Anda bisa mengetahui siapa produsen kartu grafis Anda dengan mengetik dxdiag ke dalam boks Run ( Win+R) dan pilih tab Display.
    • Unduh driver kartu grafis terbaru. Baik Nvidia mau pun AMD menyediakan alat pada situs web mereka yang dapat diunduh yang berfungsi menemukan model kartu grafis dan mengunduh driver terbaru. Anda juga bisa mencari driver dengan memasukkan informasi model kartu grafis, di mana tipe modelnya bisa ditemukan pada jendela “dxdiag”, pada situs web mereka.
    • Jalankan penginstal driver dan ikuti tahapan menginstalnya. Proses pembaruan driver ini tidak memerlukan kendali langsung dari Anda. Layar monitor mungkin akan mati atau berkedip-kedip (flickering) ketika proses menginstal berlangsung. Klik di sini untuk membuka instruksi yang mendetail mengenai cara memperbarui driver video.
  2. Gambar berjudul Enable Hibernate in Windows 8 Step 15

    Cek pengaturan BIOS. Tersedia atau tidaknya opsi Sleep ditentukan oleh pengaturan BIOS pada motherboard. Biasanya pengaturan pada BIOS untuk menyediakan opsi Sleep sudah diaktifkan, tetapi beberapa motherboard mengharuskan Anda untuk mengaktifkan pengaturannya secara manual. Cara mengakses BIOS berikut hanya bisa digunakan untuk komputer yang telah dilengkapi Windows 8 oleh produsen. Apabila Anda menginstal Windows 8 pada komputer yang lebih lawas, klik di sini untuk melihat panduan mengakses BIOS.
    • Buka bar Charms dan klik Settings. Tahan tombol Shift dan klik tombol Power, lalu pilih “Restart”.
    • Klik opsi “Troubleshooting” pada menu Advanced Startup.
    • Pilih “UEFI Firmware Settings”. Cari opsi yang memperbolehkan Anda untuk mengaktifkan jenis modus Sleep lainnya. Lokasi opsi tersebut berbeda-beda tergantung pada produsen motherboard.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »