Mangamon Cafe: Menikmati Santap Bernuansa Anime

Biasanya kafe bertemakan anime hanya hadir di sebuah perhelatan acara atau konvensi anime saja. Namun apa jadinya jika ada sebuah kafe bertemakan anime yang bisa dikunjungi diluar konvensi? Layanan toko buku komik online, Mangamon kini tengah membuka sebuah concept-cafe bertemakan anime & cosplay yang bertajuk Mangamon Cafe.
Mangamon Cafe ini merupakan kerjasama antara pihak Mangamon dengan Killiney Cafe. Kafe bertemakan anime ini sendiri berada di Killiney Cafe yang bertempat di Gramedia Matraman, Jakarta Timur. Mangamon Cafe ini dibuka sejak tanggal 22 Januari kemarin dan akan beroperasi hingga tanggal 22 Februari mendatang.

Disambut Cosplayer di Gramedia Matraman

Sesampainya di Gramedia Matraman, langsung ada cosplayer yang bertugas di Mangamon Cafe menyambut setiap pengunjung yang hadir di toko buku tersebut. Seraya menyambut dan mengajak pengunjung untuk ke kafe, para cosplayer tersebut juga membagi-bagikan selebaran dan voucher. Voucher tersebut merupakan voucher yang bisa digunakan untuk membeli 1 komik secara digital melalui layanan Mangamon.
Memasuki toko buku tersebut, juga ada beberapa standing banner dari karakter maskot Mangamon. Standing banner tersebut menunjukkan arah ke Mangamon Cafe yang berada di Killiney Cafe, lantai 1 Gramedia Matraman. Setelah satu kali melalui eskalator, akhirnya terlihat penampakan Killiney Cafe di bagian ujung lantai 1 Gramedia.

Kafe Bernuansa Anime

Benar saja, begitu menghampiri dan memasuki kafe ini sudah terasa sekali nuansa anime nya. Banyak pernik-pernik khas anime yang ditampilkan. Bahkan ada pula dipajang beberapa illustrasi karakter anime yang menghiasi Killiney Cafe.
10
Ada CD Single dari Love Live! juga loh!
8
Sala satu illustrasi yang meramaikan Mangamon Cafe.
14
Ada Sebastian yang hanya numpang mejeng, sayangnya ia tidak melayani pengunjung.
9 3 1
Nuansa anime di kafe tersebut semakin terasa saat terlihat kehadiran beberapa cosplayer. Saat penulis mendatangi kafe ini, ada cosplayer yang tengah mengenakan kostum Kurumi dari seri Date A Live, Vanilla dari NekoPara, serta Kotori dari seri Love Live!. Namun setelah itu terlihat beberapa cosplayer lagi yang turut serta meramaikan Mangamon Cafe di hari itu.

Bukan Maid & Butler Cafe

Meskipun bernuansa anime dan memiliki cosplayer, namun Mangamon Cafe ini tidaklah memiliki konsep bagaikan Maid & Butler Cafe yang ada. Kafe ini benar-benar hanya sebuah kafe biasa dengan sentuhan anime sebagai dekorasi dan cosplayer sebagai pemberi warna saja. Tidak ada menu khusus dan juga pelayanan khusus layaknya yang ada di sebuah Maid & Butler Cafe.
Oleh karena itu maka pelayanan di kafe ini biasa saja seperti kafe pada umumnya, karena memang Killiney Cafe sendiri merupakan kafe reguler yang beroperasi di Gramedia Matraman sana. Bahkan dalam pelayanannya, kafe ini tidaklah dilayani oleh cosplayer yang ada, untuk memesan menu, tetap dilayani oleh pelayan reguler kafe ini. Begitupun dengan menu, tak ada yang terlalu beda dan khas seperti pada Maid & Butler Cafe. Bisa dikatakan bahwa peran cosplayer di kafe ini tidaklah terlalu signifikan dan terkesan hanya ada untuk ada saja.
Salah satu pengunjung berselfie bersama cosplayer dari Mangamon Cafe.
Salah satu pengunjung berselfie bersama cosplayer dari Mangamon Cafe.
21
Si Kaori berfoto bersama cosplayer dari Mangamon Cafe.
Si Kaori berfoto bersama cosplayer dari Mangamon Cafe.
Meski demikian cosplayer yang ada juga mengajak interaksi pengunjung yang hadir. Salah satunya adalah dengan mengajak pengunjung untuk menulis pesan atau membuat gambar di lembaran Ema untuk dipajang di bagian depan kafe. Staf peliputan lapangan KAORI serta Si Kaori pun tak ketinggalan untuk ikut serta membuat gambar maupun menulis pesan di Ema tersebut.

Ada Juga Hadiah

Bagi setiap pengunjung kafe yang hadir, juga disediakan berbagai hadiah dan voucher Mangamon. Setiap pemesanan satu menu akan mendapatkan 1 voucher Mangamon. Dan bagi cosplayer yang datang sambil bercosplay, akan memperoleh 10 vouhcer Mangamon. Selain itu, ada pula undian berhadiah menarik yang diadakan setiap harinya di kafe tersebut.
Daftar pemenang dan hadiah yang ada setiap harinya.
Daftar pemenang dan hadiah yang ada setiap harinya.
Karena datang sambil cosplay, Si Kaori pun mendapat banyak voucher Mangamon.
Karena datang sambil cosplay, Si Kaori pun mendapat banyak voucher Mangamon.

Penutup

Untuk anda yang ingin mengisi waktu luang dengan menghadiri kafe bernuansa anime, bisa langsung saja menghadiri Mangamon Cafe di Killiney Cafe, Gramedia Matraman, Jakarta Timur. Namun perlu diingat bahwa meski bernuansa anime, namun kafe ini sangat berbeda dari kafe Maid & Butler yang ada. Tidak adanya pelayanan khusus dan interaksi antar cosplayer yang hanya begitu saja membuat kafe ini terasa biasa saja.
15
Belum lagi tempat kafe yang tidak terlalu luas dan menu yang biasa saja dengan harga standar kafe pada umumnya juga menjadi sedikit kekurangan dari kafe ini. Namun bagi anda yang ingin hadiah apalagi ingin mendapatkan banyak voucher Mangamon, tak ada salahnya juga sih menghadiri kafe yang satu ini.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »