Adegan Film Anime Princess Mononoke Terinspirasi Penderita Kusta


Film Princess Mononoke merupakan film animasi garapan Hayao Miyazaki.
Blue Shark – Hayao Miyazaki bukan hanya dikenal sebagai punggawa film animasi populer di Jepang, tapi juga sebagai aktivis lingkungan. Lewat film-filmnya, Hayao Miyazaki selalu menyelipkan pesan-pesan universal tentang kehidupan manusia dan alam. Dan tak jarang ide karya-karya tersebut diambilkan berdasarkan pengalaman nyata dalam kehidupannya. Salah satunya, film animasi Princess Mononoke.
Ketika memberikan pidato di Tokyo's International Leprosy/Hansen's Disease History Symposium, pada 28 Januari, sineas terpuji Jepang itu mengatakan bahwa ia menggambarkan pasien kusta di film anime Mononoke Hime (Princess Mononoke)berdasarkan keterkejutannya saat mengunjungi sebuah sanatorium dekat rumahnya di Tokyo barat.
Mengutip Asahi Shimbun, salah satu adegan di film animasi hit tahun 1997 itu, menampilkan orang terbalut perban. Meskipun karakter ini tidak jelas didefinisikan sebagai pasien penyakit kusta, Miyazaki mengatakan, "Saya ingin menggambarkan orang-orang yang hidup dengan penyakit yang diklaim tak bisa tersembuhkan karena karma."
Miyazaki memberikan komentar terhadap sejarah panjang Jepang mengenai stigma terhadap penyakit. Hal tersebut terkait dengan konsep Buddha bahwa kusta adalah bentuk hukuman pada penderita nya. Sampai tahun 1996, pasien terpaksa harus dipisahkan dari masyarakat di sanatorium.
Miyazaki lanjut mengatakan ia terkejut ketika ia mengunjungi Sanatorium Penyakit Kusta Tama Zenshoen di Tokyo Higashi-Murayama terletak dekat dengan rumahnya. Dia menggambarkannya sebagai "tempat penderitaan mendalam mengumpul."
Sutradara 75 tahun membuat pernyataan itu dalam pidato pada Simposium Internasional tentang Sejarah Penyakit Kusta / Hansen di Tokyo. Konferensi tiga hari mulai 30 Januari membahas bagaimana menjaga fasilitas untuk penderita kusta. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »