Umat Muslim di Shizuoka Gunakan Anime Untuk Galang Dana Pembangunan Masjid




Disini, mungkin bangun masjid tidak sesusah itu. Didukung oleh banyaknya penganut Islam sebagai kaum mayoritas dan empati masyarakat serta dukungan pemerintah daerah, penggalangan dana untuk membangun masjid tampak menjadi pemandangan umum di berbagai titik di area tempat tinggal kita. Namun, bagaimana kalau di Jepang?


Umat muslim di Shizuoka tampak berencana menggalang dana untuk membangun masjid baru disana, dan mereka membutuhkan dana setidaknya 300 juta yen atau sekitar 35 miliyar untuk bisa menyelesaikan masjid tersebut. Sejauh ini, dana yang terkumpul baru ada sekitar 20 juta yen.
Untuk menarik lebih banyak peminat, asosiasi yang terlibat mempromosikan penggalangan dana ini dengan cara yang tidak biasa tapi bisa kita duga: anime. Mereka membuat iklan pendek dengan anime untuk mempromosikan pembangunan masjid tersebut.


Usaha tersebut terbukti cukup sukses, dengan meningkatnya pendapatan donasi sejak video tersebut dirilis ke publik Juni tahun lalu. Perwakilan asosiasi, Yassine Essaadi menyatakan video tersebut sudah ditonton lebih dari 1.2 juta kali setelah dirilis.
Namun beberapa kekhawatiran masih menghantui pembangunan masjid ini, terutama dengan aksi terorisme yang mengatasnamakan Islam masih merebak dan membuat nama Islam di masyarakat Jepang masih tidak begitu baik.
Jika Masjid ini berhasil dibangun, ini akan menjadi masjid ketiga di prefektur Shizuoka. Shizuoka juga menjadi perhatian muslim di Jepang karena ini adalah 1 dari 3 kota di Jepang yang mempunyai tempat pemakaman umum bagi umat muslim, juga paling besar diantaranya. Tidak hanya tempat ibadah, asosiasinya juga berniat untuk menjadikan masjid ini sebagai tempat sekolah bahasa Arab dan les memasak Islam bagi para penduduk setempat.




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »